Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Benda yang Sebaiknya Tidak Ada di Ruang Tamu Menurut Desainer

Kompas.com - 20/09/2023, 12:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini, ruang tamu tidak hanya berfungsi sebagai area untuk menerima tamu, namun digunakan juga untuk berkumpul keluarga, bersantai, bahkan bermain dengan hewan peliharaan.

Maka dari itu, biasanya di dalam ruang tamu terdapat banyak barang-barang yang sering digunakan. Akan tetapi, menurut desainer ada beberapa benda yang sebaiknya tidak ada di ruang tamu.

Benda apa sajakah itu? Dilansir dari Southern Living, Rabu (20/9/2023), simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Baca juga: 5 Benda di Ruang Tamu yang Jadi Sarang Kuman dan Bakteri

Set furnitur yang serasi

Saat membeli furnitur untuk ruang tamu, kita mungkin akan memilih furnitur yang seragam. Namun ternyata, furnitur yang senada tidak disarankan oleh desainer interior.

Ilustrasi ruang tamu minimalis, sofa di ruang tamu minimalis. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi ruang tamu minimalis, sofa di ruang tamu minimalis.

Chanda Kea, pendiri Kea Interiors di McKinney, Texas menyebutkan bahwa furnitur serasi akan membuat ruangan terlihat seperti toko furnitur. Hal tersebut juga sejalan dengan pendapat Dawn Heuer, pendiri The Heuer Design Collective di Atlanta, Georgia.

“Memadukan furnitur dari berbagai sumber akan membuat ruangan lebih berkarakter dan unik, serta menciptakan tampilan yang hidup dan terkoneksi,” terang Dawn Heuer.

Mainan anak-anak

Benda yang sebaiknya tidak ada di ruang tamu lainnya yaitu mainan anak-anak. Sebaiknya mainan anak disimpan di ruangan lain agar tidak ruang tamu tetap nyaman saat digunakan untuk menerima tamu.

Kea menyarankan mainan anak untuk disimpan dalam ruang bermain, lemari, atau kamar tidur anak.

Baca juga: 5 Cara Memilih dan Menata Furnitur agar Ruang Tamu Tampak Lebih Besar

Tempat tidur dan kandang hewan peliharaan

Jika Anda memiliki hewan peliharaan, sebaiknya tidak meletakkan kandang maupun tempat tidur hewan di ruang tamu.

Caroline Harvey, pendiri Simple CH Lifestyle & Interiors di Richmond, Virginia mengatakan bahwa tempat tidur dan kendang hewan biasanya berukuran besar dan tidak menarik secara estetika. Maka dari itu, sebaiknya tempatkan kandang dan tempat tidur hewan peliharaan di ruangan khusus.

Tempat duduk bergaya kursi malas

Kursi malas mungkin bisa memberikan rasa nyaman saat diduduki. Namun, jenis kursi ini kurang sesuai untuk ruang tamu.

Selain itu, ukuran kursi ini juga cukup besar dan kurang cocok dengan gaya dekorasi apapun. Maka dari itu, sebaiknya kursi ini ditempatkan di ruangan lain.

Baca juga: 4 Warna Sofa yang Bikin Ruang Tamu Sempit Tampak Luas

Sebagai gantinya, Anda bisa memiliki sofa sectional modern atau sepasang sofa berlapis slip. Sebaiknya, hindari juga kursi berlengan dengan gaya celiner di ruang tamu.

Ilustrasi karpet di ruang tamu.SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi karpet di ruang tamu.

Karpet yang terlalu kecil

Karpet yang ukurannya kecil juga menjadi salah satu benda yang sebaiknya tidak ada di ruang tamu. Heuer mengatakan bahwa karpet yang terlalu kecil akan terlihat menonjol dan bisa memberikan kesan ruangan terputus-putus serta tidak proporsional.

Sebaiknya, ukur terlebih dahulu ruangan tersebut sebelum membeli karpet. Sebab, karpet yang ukurannya sesuai bisa membuat ruangan terasa lebih hangat.

Kipas angin di langit-langit rumah

Meskipun bisa membuat ruangan lebih sejuk, namun penempatan kipas angin di langit-langit rumah dinilai kurang tepat.

Baca juga: 6 Benda di Ruang Tamu yang Sering Lupa Dibersihkan, Apa Saja?

Kipas angin tersebut kurang cocok ditempatkan di ruang tamu karena dinilai kurang estetik. Sebagai gantinya, Anda bisa menggantung lampu atau sconce dekoratif yang membuat ruangan semakin cantik.

Itulah beberapa benda yang sebaiknya tidak ada di ruang tamu. Dengan memperhatikan penempatan barang-barang, maka ruang tamu akan terasa lebih nyaman dan rapi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com