Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Tetangga Berisik? Ini 6 Cara Meredam Suara di Rumah

Kompas.com - 25/08/2023, 12:04 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Ideal Home

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah adalah tempat kita berlindung dan beristirahat. Oleh karena itu, suara bising atau berisik, termasuk dari tetangga, bisa mengganggu ketenangan kita di dalam rumah.

Dikutip dari Ideal Home, Jumat (25/8/2023), rumah yang kedap suara dapat membantu mengurangi volume dan memulihkan kedamaian dan ketenangan. Pun Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk meredam suara berisik dari tetangga atau lingkungan sekitar.

Mengurangi kebisingan di rumah tidak hanya akan menciptakan lingkungan yang lebih tenang, namun juga lebih baik bagi kesehatan kita.

Baca juga: 6 Cara Mencegah Mesin Cuci Berisik Saat Digunakan

Ilustrasi tetangga berisik, suara bising di rumah. SHUTTERSTOCK/SRDJAN RANDJELOVIC Ilustrasi tetangga berisik, suara bising di rumah.

Sebuah laporan yang dirilis House of Lords Science and Technology Committee menyebut kebisingan sebagai polutan yang terabaikan dan mengaitkan gangguan kebisingan lingkungan dengan kurang tidur, gangguan, penyakit kardiovaskular, dan diabetes.

Kebisingan berdampak negatif terhadap kesehatan, kesejahteraan, produktivitas, dan gangguan pada seluruh kehidupan, kata Gloria Elliott, kepala eksekutif Noise Abatement Society di Inggris.

Menurut pemerintah Inggris, hal ini menempatkan tingkat kebisingan sama besarnya dengan kecelakaan lalu lintas dan jauh lebih besar dibandingkan dampaknya terhadap perubahan iklim.

Berikut beberapa cara meredam suara di rumah jika Anda memiliki tetangga berisik atau lingkungan yang berisik.

Baca juga: Catat, Ini 3 Penyebab Outdoor AC Berisik

1. Gunakan perabotan lembut untuk meredam suara

Jika hanya sedikit suara yang menjadi masalah, mungkin Anda memiliki satu ruangan yang tampaknya lebih bergema dibandingkan ruangan lain di rumah, maka Anda mungkin dapat meminimalkan efeknya dengan perabotan lembut.

Alat kedap suara mungkin membuat Anda takut, berpikir Anda perlu menggunakan beberapa kotak telur dan insulasi khusus, tutur desainer interior Cathy Dean, yang juga pendiri Studio Dean.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com