Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/08/2023, 18:00 WIB
Siti Nur Aeni ,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bermain bersama anjing peliharaan tak harus selalu di dalam rumah. Sesekali Anda juga perlu mengajaka anjing peliharaan bermain di luar rumah demi mengusir kebosanan dan membuatnya beradaptasi baik dengan lingkungan. 

Nyatanya, banyak anjing peliharaan yang senang bermain di luar rumah, seperti taman atau taman anjing. Namun, saat berada di luar rumah, Anda mendapati anjing peliharaan memakan rumput

Baca juga: Seberapa Sering Harus Memandikan Anjing Peliharaan? Ini Durasinya

Tentu saja, hal ini membuat Anda khawatir karena rumput bisa membuat anjing sakit, bahkan bisa saja keracunan. Rupanya, perilaku anjing memakan rumput bukan tanpa alasan.

Dilansir dari Berthoud Animal Hospital, Rabu (23/8/2023), berikut beberapa penyebab anjing memakan rumput yang penting diketahui.

Rasa rumput enak

Ilustrasi anjing memakan rumputShutterstock/Oscity Ilustrasi anjing memakan rumput

Anjing merupakan hewan yang memiliki rasa penasaran tinggi, senang bereksperimen, dan mencoba hal baru.

Untuk beberapa jenis anjing, rumput terlihat sebagai hal yang sangat menarik sehingga mendorong keinginan memakannya.

Selain itu, ada anjing yang merasa rumput memiliki rasa enak sehingga membuat hewan berbulu ini rutin mengonsumsi rumput. 

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Anjing yang Posesif pada Pemiliknya

Anjing sedang bosan

Sama dengan manusia, anjing juga bisa merasa bosan sehingga dapat melakukan apa saja untuk mengurangi rasa bosannya, salah satunya memakan rumput.

Perilaku anjing memakan rumput terkadang muncul pada anjing yang terlalu lama menghabiskan waktu di halaman penuh rumput.

Jika mendapati anjing memakan rumput setelah lama berada di lapangan rumput, sebaiknya mulai memikirkan aktivitas seru untuk sahabat bulu agar tidak merasa bosan.

Baca juga: Alasan Anjing Memakan Rumput, Benarkah karena Sedang Sakit?

Sedang sakit perut

Penyebab anjing memakan rumput lainnya karena sedang sakit perut. Ada dua alasan anjing memakan rumput saat sakit perut.

Pertama, rumput mengandung banyak serat yang membantu meredakan masalah perut. Selain itu, rumput bisa membantu menenangkan perut dengan menurunkan pH perut dan meredakan rasa sakit.

Anjing membutuhkan banyak serat

Ilustrasi anjing memakan wortel.Shutterstock/Anna Tronova Ilustrasi anjing memakan wortel.

Serat merupakan nutrisi yang dibutuhkan anjing untuk menjaga saluran pencernaannya tetap lancar. Anjing yang kurang serat bisa mengalami sembelit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com