Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/08/2023, 12:33 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengaplikasikan cat eksterior yang solid pada pintu depan rumah dapat meningkatkan nilai properti.

Sejumlah penelitian menemukan, ketika pintu depan rumah dicat dengan warna tepat, dapat memiliki nilai jual kembali hingga US$6.000 atau sekitar Rp91 juta lebih tinggi. 

Baca juga: Selain Pink, Ini 6 Warna Cat untuk Dekorasi Barbiecore

Namun, terlepas dari warna yang Anda pilih untuk meningkatkan daya tarik rumah, penting memilih cat dengan hasil akhir semi-gloss. Hal yang sama berlaku untuk trim eksterior.

Cat semi-gloss memberikan permukaan lebih halus daripada hasil akhir yang lebih rendah dan memiliki tingkat kilau, memberikan kontras visual.

"Hasil akhir semi-gloss biasanya mudah dibersihkan sehingga akan terus terlihat bagus selama bertahun-tahun," kata Richard Handel, insinyur penguji yang mengawasi pengujian cat di Consumer Reports.

Handel juga merekomendasikan menggunakan cat dengan hasil akhir semi-gloss untuk pagar teras dan harus memakai cat eksterior untuk lantai teras serta tangga. 

Baca juga: 5 Ide Warna Cat untuk Segarkan Tampilan Kamar Mandi

Cara mengecat ulang pintu dan trim rumah 

Ilustrasi cat dinding.Shutterstock/Efetova Anna Ilustrasi cat dinding.
Musim kemarau atau cuaca panas menjadi waktu tepat untuk melakukan proyek mengecat ulang pintu dan trim karena cat akan lebih cepat mengering dan mengganggu pekerjaan. 

Suhu siang hari antara 10-31 derajat Celsius dengan sedikit atau tanpa angin umumnya paling baik untuk pekerjaan cat eksterior, tetapi periksa kaleng cat sebelum melakukannya untuk informasi lebih lanjut. 

Setelah memiliki kondisi tepat, lakukan pengecatan ulang pintu depan rumah. Berikut cara mengecat ulang pintu dan trim rumah dilansir dari Consumer Reports, Jumat (11/8/2023).  

Baca juga: 5 Warna Cat Kamar Tidur yang Akan Ketinggalan Zaman

  • Lindungi area sekitar pintu 

Buka pintu, lalu tutup pintu dengan plastik untuk mencegah debu dan serangga masuk ke rumah. Setelah itu, tutupi lantai dengan koran atau kain lap agar tidak terkena tetesan cat.  

  • Persiapkan permukaannya

Cuci pintu dengan campuran air dan detergen yang tidak terlalu berbusa, lalu seka menggunakan spons. Hindari menggunakan detergen yang terlalu keras karena akan membuat permukaan terlalu licin.

Setelah itu, bilas permukaan pintu, lalu keringkan secara menyeluruh. Kikis cat yang mengelupas secara perlahan dengan pisau dempul.

Ampelas dengan amplas 200-grit dan bersihkan dengan kain paku yang dirancang untuk menghilangkan debu, lalu rekatkan di sekeliling perangkat keras. 

Baca juga: 5 Faktor yang Mempengaruhi Daya Tahan Cat

  • Warnai satu bagian dalam satu waktu 

Ilustrasi pintu depan rumah berwarna putih dengan kombinasi beige.Shutterstock/David Papazian Ilustrasi pintu depan rumah berwarna putih dengan kombinasi beige.
Terakhir, cara mengecat ulang pintu dan trim rumah adalah mewarnai satu bagian dalam satu waktu. Jika pintu berpanel, mulailah mengecat dari panelnya.

Dengan menggunakan cat eksterior semigloss dan kuas bersudut lima sentimeter dengan bulu sintetis, cat di sekeliling tepi panel.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com