Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ini 5 Cara Mendekorasi Meja Makan yang Elegan dan Nyaman

Kompas.com - 07/07/2023, 11:14 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meja makan merupakan bagian penting dari ruang makan. Meja makan yang didekorasi baik dapat menciptakan suasana ramah dan mengundang saat bersantap bersama keluarga, teman, atau tamu.

Memahami cara mendekorasi meja makan, bahkan saat tidak digunakan, dapat membantu menciptakan suasana yang elegan di ruang makan. 

Dikutip dari Minotti London, Jumat (7/7/2023), berikut sejumlah tips menata dan mendekorasi meja makan.

Baca juga: Simak, Ini 5 Cara Memilih Meja Makan Terbaik untuk Rumah

Pertimbangkan bentuk meja

Ilustrasi ruang makan, karpet di ruang makan.UNSPLASH/SPACEJOY Ilustrasi ruang makan, karpet di ruang makan.
Hal pertama yang harus dipertimbangkan saat mendekorasi meja makan adalah bentuknya. Secara langsung, hal ini akan mempengaruhi cara penataan yang terbaik.

Sebagai contoh, meja persegi terlihat paling baik dengan pengaturan simetris, sementara meja persegi panjang lebih fleksibel dan menangani komposisi berbeda.

Meja persegi panjang cocok dengan ornamen yang ditampilkan di tengah atau di kedua ujung meja. Salah satu cara paling elegan untuk menata meja persegi panjang adalah menempatkan rangkaian bunga di tengah dan lilin di ujung yang berlawanan. 

Di sisi lain, meja makan berbentuk bulat dan oval menawarkan lebih banyak fleksibilitas daripada meja persegi panjang karena bentuknya cocok untuk berbagai konfigurasi.

Karena tidak memiliki sudut, meja makan oval menyediakan pengaturan sempurna untuk centrepiece, seperti tempat lilin atau vas tinggi dengan buket bunga.

Baca juga: Ketahui, Ini 4 Bentuk Meja Makan dan Plus Minusnya

Hiasi dengan centrepiece

Centrepiece adalah cara sederhana, tapi efektif untuk menata meja makan. Mereka menambahkan titik fokus pada meja dan meningkatkan penampilan ruang makan secara keseluruhan.

Centrepiece dapat berupa berbagai hal, mdari buket bunga, lilin warna-warni, hingga mangkuk berisi buah segar dan ornamen, tergantung pada gaya dekorasi interior. 

Sebagai contoh, vas metalik yang tinggi dengan rangkaian bunga ideal untuk desain interior klasik karena menambahkan sentuhan elegan.

Di sisi lain, centrepiece dari tanaman hijau akan memberikan kesan segar pada ruangan dan melengkapi interior modern dan miimalis.

Sementara itu, centrepiece dari lilin dapat menambahkan lapisan pencahayaan pada ruang makan dan mengatur suasana untuk pesta makan malam.

Baca juga: Buah Simbol Keberuntungan Menurut Feng Shui, Letakkan di Meja Makan

Pencahayaan

Ilustrasi meja makan. PEXELS/MAX VAKHTBOVYCH Ilustrasi meja makan.
Lampu gantung merupakan salah satu fitur paling menonjol di ruang makan. Namun, ada berbagai cara  menghadirkan sumber cahaya berbeda untuk mengatur suasana.

Anda dapat mempertimbangkan melapisi pencahayaan dengan lampu dinding dan lilin. Lampu gantung bisa menjadi aksen sekaligus sumber penerangan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com