Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui, Ini 4 Bentuk Meja Makan dan Plus Minusnya

Kompas.com - 28/07/2022, 16:40 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Meja makan merupakan furnitur utama di ruang makan. Ada banyak ukuran dan bentuk meja makan yang ditawarkan produsen, dari meja makan bulat, persegi, hingga persegi panjang.

Lantas, bagaimana mengetahui bentuk meja makan yang tepat untuk ruangan

Baca juga: 5 Cara Membuat Meja Makan Lama Terlihat Seperti Baru

Ada dua faktor utama untuk memilih bentuk meja makan adalah ukuran ruang makan dan jumlah anggota keluarga di rumah

Saat mencocokkan keduanya, ini bisa menciptakan aliran yang membuat ruang makan terlihat seimbang dan berfungsi lebih baik. 

Dilansir dari The Spruce, Kamis (28/7/2022), berikut beberapa bentuk meja makan dan plus minusnya. 

Baca juga: 8 Tips Menata Meja Makan agar Tampak Menarik dan Elegan

Meja makan persegi panjang

Ilustrasi meja makan marmer, Ilustrasi meja makan persegi.Shutterstock/WorldWide Ilustrasi meja makan marmer, Ilustrasi meja makan persegi.
Sebagian besar ruang makan berbentuk persegi panjang. Karena itu, bentuk meja makan persegi panjang pas digunakan di ruang makan tersebut.

Meja makan persegi panjang juga bisa menampung lebih dari empat orang, terutama jika dilengkapi dengan meja tambahan untuk memperpanjang panjang. 

Idealnya, meja makan persegi panjang harus memiliki lebar antara 90 sentimeter hingga satu meter. Meja makan persegi panjang yang lebih kecil dapat bekerja dengan baik di ruangan sempit. 

Namun, ini bisa membuat Anda kesulitan menyesuaikan pengaturan tempat di kedua sisi dan ruang yang cukup untuk makanan di atas meja.

Baca juga: 4 Tips Membuat Area Meja Makan Terlihat Lebih Mahal dan Mewah 

Meja makan persegi

Ruang makan berbentuk persegi terlihat paling baik dengan meja makan persegi. Meja makan persegi merupakan solusi baik jika Anda tidak memiliki anggota keluarga besar untuk duduk hampir sepanjang waktu. 

Meja persegi memiliki manfaat memberikan keintiman dan solusi memuaskan untuk menampung beberapa orang.

Sebaliknya, menggunakan meja makan persegi yang besar, tapi hanya ada dua atau tiga orang yang hadir, ini dapat membuat ruang makan tampak dingin. 

Baca juga: Meja Makan Bundar Vs Segi Empat, Mana yang Sebaiknya Dipilih? 

Meja makan bulat

Ilustrasi dapur, ilustrasi ruang makan, ilustrasi meja makan bulat.SHUTTERSTOCK / pics721 Ilustrasi dapur, ilustrasi ruang makan, ilustrasi meja makan bulat.
Meja persegi bukan satu-satunya solusi untuk ruangan yang lebih kecil atau berbentuk persegi.

Meja makan bulat juga menjadi solusi terbaik untuk pertemuan kecil karena semua orang dapat melihat satu sama lain, percakapan lebih mudah dilakukan, serta suasana terasa lebih nyaman dan intim.

Namun, meja makan bulat tidak ideal untuk pertemuan yang lebih besar karena membuat seseorang tampak jauh satu sama lain dan harus bersuara besar untuk berbicara dengan orang yang ada di seberang meja. 

Selain itu, sebagian besar ruang makan tidak cukup besar untuk menampung meja makan bulat berukuran besar. 

Baca juga: 3 Tips Menjaga Meja Makan Selalu Tertata Rapi dan Teratur 

Meja makan oval

Meja makan oval mirip dengan meja persegi panjang pada hampir semua atributnya. Secara visual, meja makan oval menempati lebih sedikit ruang daripada meja makan persegi panjang karena sudutnya yang membulat. 

Namun, hal ini tidak berarti bahwa meja makan oval memiliki luas permukaan yang lebih kecil. Akan tetapi, untuk ruangan yang lebih sempit, meja makan oval bisa menjadi pertimbangan dan terkadang dapat menampung lebih banyak orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com