Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Noda Kuning di Bantal, Mudah dan Murah

Kompas.com - 24/05/2023, 10:05 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Karena frekuensi pemakaiannya, bantal bisa menguning atau memiliki noda kuning pada permukaannya. Namun, jangan langsung membuang bantal menguning, sebab Anda bisa menghilangkan noda yang tidak sedap dipandang tersebut.

Dikutip dari House Digest, Rabu (24/5/2023), Anda bisa menggunakan campuran deterjen, pemutih, sabun cuci piring, dan boraks untuk menghilangkan noda kuning pada bantal.

Terkadang deterjen saja tidak cukup kuat untuk menghilangkan noda, dan menggunakan keempat bahan ini secara bersama-sama dapat membantu.

Baca juga: Seberapa Sering Harus Mencuci Bantal? Ini Aturannya

Ilustrasi bantal.Shutterstock/New Africa Ilustrasi bantal.

Kenapa bantal menguning?

Warna kuning dihasilkan dari keringat, air liur, dan minyak tubuh dari kulit dan rambut yang merembes ke bantal. Wajar jika bantal terkena noda, tetapi bisa membuat frustasi jika warnanya menguning beberapa minggu setelah Anda membelinya.

Tidak menghilangkan noda kuning pada bantal dapat mengganggu tidur atau mengganggu kesehatan karena mengandung alergen dan bakteri.

Tungau debu di bantal dapat menyebabkan reaksi alergi, dan bakteri serta kelembapan dapat menyebabkan jerawat pada kulit, jadi sangat penting untuk mencuci bantal secara menyeluruh.

Cara menghilangkan noda kuning di bantal

Sebelum menghilangkan noda, pastikan bantal aman digunakan di mesin cuci. Anda tentu tidak ingin merusak bantal dengan mesin cuci, jadi penting untuk memeriksa label perawatan.

Baca juga: 5 Kesalahan Mencuci Bantal yang Harus Dihindari, Bikin Rusak dan Susut

Siapkan 1 cangkir deterjen bubuk, 1 cangkir pemutih, 1 cangkir sabun cuci piring, dan setengah cangkir boraks.

Pertama, rendam bantal dalam air panas dengan keempat bahan tersebut. Anda dapat merendamnya langsung di mesin cuci menggunakan fungsi rendam.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com