Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/03/2023, 12:30 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Luce Home

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebersihan kasur merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan untuk menjaga kualitas tidur serta kasur.

Kasur yang bersih dan bebas bau dapat menunjang tidur dan membuat istirahat lebih nyaman. Untungnya, kasur berbau dapat diatasi dengan mudah menggunakan beberapa cara sederhana dan bahan yang mudah ditemukan di rumah. 

Dilansir dari Luce Home, Sabtu (18/3/2023), berikut empat cara menyegarkan dan menghilangkan bau pada kasur. 

Baca juga: Cara Mudah Membersihkan Kasur, Lakukan Secara Rutin

Gunakan penyedot debu

Langkah pertama menyegarkan dan menghilangkan bau pada kasur adalah menggunakan penyedot debu. Pastikan menggunakan sambungan yang sesuai.

Kasur dapat berbau karena terdapat debu dan kotoran yang menumpuk di permukaan. Menyedot debu akan menghilangkannya bersama dengan sel-sel kulit mati, rambut, dan tungau debu yang menumpuk di permukaan kasur.

Baca juga: Cara Membersihkan Kasur agar Tak Berjamur dan Jadi Sarang Tungau

Gunakan baking soda

Ilustrasi baking soda atau soda kue. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi baking soda atau soda kue.

Hilangkan bau tak sedap pada kasur dengan baking soda. Bahan alami dan murah meriah ini efektif  menghilangkan berbagai bau tak sedap, termasuk pada kasur. Bahkan tanpa harus mencuci seluruh bagian kasur.

Caranya, lepaskan seprai dari kasur, taburkan baking soda ke seluruh permukaan kasur. Pastikan membersihkan sela-sela lipatan, diamkan baking soda setidaknya selama satu jam, lalu sedot dengan vacuum cleaner.

Baca juga: Ampuh, Berikut Ragam Cara Membasmi Semut Pakai Soda Kue

Gunakan minyak esensial

Minyak esensial dapat digunakan untuk menghilangkan bau pada kasur. Cara ini juga efektif menghilangkan bau pada kasur baru. 

Caranya, buat larutan pembersih yang terdiri atas 236 mililiter air, beberapa tetes sabun cuci piring, dan 20 tetes minyak esensial untuk menghilangkan bau pada kasur.

Baca juga: Kombinasi Minyak Esensial Terbaik untuk Relaksasi yang Menenangkan

Larutan cuka

Ilustrasi cuka, cuka putih.SHUTTERSTOCK/FOCAL POINT Ilustrasi cuka, cuka putih.
Cuka merupakan bahan alami yang efektif menghilangkan bau dari kain dan furnitur. Buatlah  larutan pembersih berisi campuran cuka dan air dengan perbandingan sama, setangkai rosemary segar, oregano, dan kulit lemon.

Masukkan semua bahan tersebut ke botol semprot, kemudian semprotkan ke seluruh permukaan kasur, diamkan larutan hingga mengering.

Cuka juga dapat membunuh jamur, lumut, serta berfungsi sebagai penghilang noda. Bersihkan noda menggunakan larutan ini dengan mengelapnya memakai handuk kertas setelah penyemprotan.

Untuk menjaga kasur tetap bersih dan segar, gunakan pelindung kasur atau matress protector, ganti dan cuci seminggu sekali.

Pelindung kasur berfungsi melindungi kasur dari debu dan kotoran serta menjaga kasur tetap tetap kering dan tidak berjamur. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com