Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Ide Mempercantik Halaman Depan Rumah dengan Anggaran Minim

Kompas.com - 16/02/2023, 12:31 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lansekap halaman depan rumah bisa menjadi hal berharga jika ditata dan dirawat dengan baik.

Ditambah, halaman depan rumah yang terawat dan tertata dapat menambah daya tarik serta nilai pada rumah. Namun, menciptakan halaman depan rumah yang menarik tidaklah mudah dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.  

Baca juga: 6 Cara Merawat Halaman Depan Rumah dengan Anggaran Minim

Karena itu, sebelum mendorong sekop ke dalam tanah atau berbelanja perlengkapan taman, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untu menghemat biaya. 

Dilansir dari Better Homes and Gardens, Kamis (16/2/2023), berikut sejumlah ide mempercantik halaman depan rumah dengan anggaran minim.

Hindari tanaman tahunan

Ilustrasi taman di depan rumahShutterstock Ilustrasi taman di depan rumah
Tanaman tahunan atau annual, seperti petunia, sangat bagus untuk mengisi tempat penanaman dan wadah dengan warna indahnya. 

Namun, tanaman ini hanya akan bertahan selama musim tanam saat ini dan tidak akan bertahan selama musim dingin di sebagian besar wilayah Amerika Serikat.

Membeli tanaman tahunan setiap tahun bisa menjadi mahal dan memakan waktu. Sebagai gantinya, pilih tanaman abadi atau perennial untuk halaman depan rumah, yang akan membuat taman tahan lama dan ramah anggaran. 

Baca juga: 7 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Menata Halaman Depan Rumah

Isi celah dengan rumput besar

Rumput hias yang tinggi seperti switchgrass (Panicum virgatum), rumput India (Sorghastrum nutans), atau rumput paruh (Diarrhea obovata) memenuhi lanskap dengan tekstur dan gerakan yang indah.

Selain itu, rumput-rumput ini tumbuh cepat sehingga Anda dapat membelinya dengan harga lebih murah, segera tumbuh hingga ukuran penuh, serta mengisi ruang kosong.

Batasi jenis tanaman

Meski tergoda membeli berbagai macam tanaman dari pusat taman, tetaplah sederhana dengan membeli tidak lebih dari lima jenis tanaman.

Satu jenis tanaman hijau, dua jenis semak yang lebih besar, dan tiga jenis tanaman keras akan mengisi ruang dengan baik tanpa terlihat berantakan sekaligus menjaga biaya tetap rendah. 

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Rumput Sintetis di Halaman Rumah

Menanam dengan padat untuk memangkas gulma

Ilustrasi teras, ilustrasi karpet, ilustrasi halaman, ilustrasi karpet outdoor.SHUTTERSTOCK / Photographee.eu Ilustrasi teras, ilustrasi karpet, ilustrasi halaman, ilustrasi karpet outdoor.
Untuk mengurangi biaya perawatan pekarangan yang mahal, tanamlah dengan cukup rapat guna memastikan semua tanah tertutupi.

Spesies tanaman gulma memanfaatkan tanah terbuka, banyak cahaya, dan kelembapan. Dengan menggunakan campuran semak yang lebih besar, tanaman keras, dan penutup tanah dalam desain naturalistik, Anda dapat meminimalkan gulma.  

Baca juga: 10 Penyebab Daun Tanaman Hias di Halaman Rumah Menguning

Mencegah gulma dengan karton

Sebelum menanam dan meletakkan mulsa, tutupi tanah terbuka dengan karton untuk membuat pelindung gulma yang dapat terurai secara hayati.

Menggunakan kardus akan memungkinkan kelembapan meresap ke dalam tanah sekaligus menghambat pertumbuhan gulma.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com