Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mencuci Pisau Setelah Dipakai untuk Memotong Daging Mentah

Kompas.com - 23/01/2023, 16:36 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Keamanan pangan sangat penting, yang dimulai dengan pisau. Setelah Anda menggunakan pisau untuk memotong daging mentah, sangat penting untuk membersihkannya dengan baik agar bilahnya tetap tajam dan dapur Anda aman.

Dikutip dari Home Cook World, Senin (23/1/2023), menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) dalam situsnya, daging mentah mengandung bakteri yang bisa membuat Anda sakit, seperti E. coli, Salmonella, Yersinia, dan lain-lain.

Jika Anda tidak membersihkan pisau setelah memotong daging mentah, bakteri ini dapat berpindah ke makanan dan permukaan lain di dapur dan menyebabkan keracunan makanan.

Baca juga: Penyebab Pisau Berkarat dan Cara Mengatasinya, Bisa Pakai Lemon

Ilustrasi memotong daging dengan pisau. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi memotong daging dengan pisau.

Dengan menjaga kebersihan pisau setelah memotong daging mentah, Anda dapat melindungi diri sendiri dan keluarga dari penyakit.

Selain bahaya kesehatan, ternyata membiarkan pisau kotor juga bisa membuat mata pisau menjadi tumpul.

Pisau yang kotor dapat berkarat seiring waktu jika tidak dibersihkan dengan benar, dan ini dapat menyebabkan karat dan jenis kerusakan lainnya, yang membuat pisau Anda kurang efektif dan berpotensi berbahaya untuk digunakan.

Cara membersihkan pisau setelah memotong daging mentah

Membersihkan dan mensanitasi, meskipun serupa, adalah dua proses berbeda yang sama-sama penting untuk menjaga dapur yang aman dan sehat.

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Membuat Pisau Cepat Tumpul dan Rusak

Membersihkan berarti membilas sisa makanan, seperti potongan-potongan daging mentah, dari bilah pisau. Ini penting karena sisa makanan dapat mengering pada mata pisau dan menjadi sulit dihilangkan nantinya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com