Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tren Dapur yang Sudah Usang dan Harus Ditinggalkan Menurut Ahli

Kompas.com - 16/01/2023, 16:31 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren dekorasi dapur selalu datang dan pergi setiap tahunnya. Namun, ketika mempertimbangkan membuat perubahan di dapur, sebaiknya memilih tren yang dapat bertahan lama. 

Sebab, mengubah sesuatu di dapur bisa melibatkan banyak hal, seperti perlengkapan lampu, backsplash ubin, atau lemari, dan tidak mudah serta murah mengubahnya secara mendadak. 

Baca juga: Ini Posisi Terbaik Meletakkan Peralatan Dapur Menurut Vastu Shastra

Leslie Lehr, pakar gaya hidup, mengatakan dapur adalah jantung rumah. Di sinilah, keluarga menghabiskan sebagian besar waktu bersama sehingga harus melakukan perubahan dengan serius. 

Dilansir dari The Spruce, Senin (16/1/2023), para ahli desain membagikan tren dapur yang sudah usang dan harus ditinggalkan seperti berikut ini.

Lemari dapur dua warna

Ilustrasi lemari dapur, kitchen set. Unsplash/3dottawa Ilustrasi lemari dapur, kitchen set.
Lemari dapur dua warna sempat menjadi tren. Namun, Andi Morse, desainer interior dari Morse Design, mengatakan tren ini tidak akan bertahan.

"Lemari itu mahal dan Anda ingin mendesainnya dengan mempertimbangkan umur panjang. Saya pikir menjaga semuanya tetap satu warna adalah cara yang harus dilakukan sehingga  dapat memastikannya bertahan lebih lama dari tren," ucap Morse.  

Baca juga: 6 Warna Lemari Dapur yang Bakal Populer pada 2023 Menurut Desainer

Dekorasi rumah pertanian

Selanjutnya, tren dapur yang sudah usang dan harus ditinggalkan adalah dekorasi rumah pertanian atau farmhouse.

Lehr mengatakan apabila ingin memberikan sentuhan pertanian pada rumah dapat menggunakan dinding shiplap putih, sentuhan antik, dan memilih tampilan modern yang apik. 

Liontin kecil yang tidak proporsional

Morse menjelaskan kurangnya pencahayaan pada kitchen island sangat kecil dapat mengganggu keseimbangan seluruh ruang. "Liontin yang sangat kecil di atas kitchen island besar terlihat tidak penting," ujarnya. 

Padahal, kitchen island adalah pusat dari dapur, tempat Anda berkumpul untuk minum anggur, membantu pekerjaan rumah anak-anak, dan menyiapakan makanan. 

Maka itu, gunakan lampu besardengan perlengkapan lampu yang proporsional di kitchen island. 

Baca juga: Penting, 6 Kesalahan Pencahayaan Dapur yang Harus Dihindari 

Terlalu banyak peralatan kecil

Ilustrasi dapur dengan nuansa warna merah muda. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi dapur dengan nuansa warna merah muda.
Menggunakan banyak peralatan kecil juga menjadi tren dapur yang sudah usang dan harus ditinggalkan

Lehr menyarankan tidak terpukau dengan peralatan dapur kecil yang ada di dapur seperti pembuat kopi, pemanggang roti, dan mixer.

Hal ini karena peralatan tersebut membuat tampilan dapur menjadi berantakan serta teknologi berubah begitu cepat. 

Backsplash dapur yang berani

Backsplash yang berani, baik pola dan warna, menjadi tren di dapur selama beberapa waktu. Namun, kini menjadi tren dapur yang sudah usang dan harus ditinggalkan.

Lehr menyarankan tidak menggunakannya di dapur. "Saya lebih suka lempengan batu alam yang cocok dengan meja dapur. Tampilannya menciptakan dapur yang tenang dan harmonis."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com