Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Diperhatikan Tamu Saat Berkunjung ke Rumah Anda

Kompas.com - 13/01/2023, 17:45 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Membereskan dan membersihkan rumah sering kali dilakukan saat hunian akan kedatangan tamu atau menggelar acara di rumah. 

Namun, membersihkan rumah saat tamu hendak berkunjung bukan hal mudah. Bahkan pembersihan tidak berjalan sempurna karena berkejaran dengan waktu. Anda mungkin bisa menutup mata terhadap kekacauan yang ada, tetapi tidak dengan tamu. 

Baca juga: 5 Cara Mendekorasi Ruang Tamu Luar yang Cantik dan Kohesif

Tak dipungkiri, saat berkunjung ke rumah orang, Anda sering memperhatikan kondisi ruangan seperti kebersihan, kerapian, aroma ruangan, hingga setiap sudut. Hal ini pula yang dipikirkan tamu pada rumah Anda. 

Jika memiliki tamu yang berencana berkunjung dalam waktu dekat atau bersiap-siap menghadapi tamu tak terduga, berikut lima hal yang diperhatikan tamu saat berkunjung ke rumah Anda dikutip dari Home to Love, Jumat (12/1/2023). 

Jalan masuk 

Ilustrasi area pintu masuk rumah.SHUTTERSTOCK / brizmaker Ilustrasi area pintu masuk rumah.
Pintu masuk ke rumah adalah kesan pertama yang didapat tamu. Karena itu, penting membuatnya dengan baik. Singkirkan benda-benda yang menghalangi jalan masuk seperti sepatu. 

Setelah itu, kibaskan keset pintu, sapu jalan masuk depan, buat tempat bagi pengunjung melepas sepatu dan meletakkan tas mereka, serta gunakan bunga segar atau tanaman untuk menyegarkan ruangan. 

Baca juga: Cara Mendekorasi Pintu Masuk Rumah agar Lebih Menarik

Bau 

Beberapa orang tidak menyadari bahwa rumah mereka berbau, padahal ini salah satu hal utama yang diperhatikan tamu, baik aroma baik maupun buruk. 

Maka itu, nyalakan lilin aromaterapi atau minyak esensial untuk memberikan aroma menyegarkan dan santai.

Selain itu, buka pintu dan jendela untuk mendapatkan udara segar, bawa bunga segar, gunakan semprotan pengharum ruangan, atau merebus sepanci air dengan beberapa kulit lemon atau jeruk untuk memberikan aroma menyegarkan.  

Baca juga: 6 Cara Mendekorasi Rumah Sewa Tanpa Mengganggu Ketentuan Kontrak

Kekacauan 

Ilustrasi ruang tamu yang berantakan.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi ruang tamu yang berantakan.
Selanjutnya, hal yang diperhatikan tamu saat berkunjung adalah kekacauan. Adanya kehidupan atau kegiatan di rumah tentu memunculkan kekacauan.

Namun, Anda tidak perlu membersihkan rumah dari setiap kekacauan, tetapi setidaknya lakukan perapihan secara umum. Jika tidak punya waktu mengembalikan semua barang ke tempat tepat, lemari linen atau binatu bisa menjadi tempat persembunyian yang luar biasa.

Simpan mainan anak-anak dalam keranjang sederhana dan bergaya serta buat laci atau nampan untuk tagihan, surat-surat, dan administrasi kehidupan lainnya.

Selain itu, singkirkan tumpukan cucian yang menunggu untuk dilipat atau lebih baik lagi, sembunyikan di binatu. Bersihkan tempat-tempat sosial seperti meja makan dan bangku dapur.  

Baca juga: 8 Kesalahan Desain yang Membuat Rumah Berantakan

Kamar mandi yang kotor 

Ilustrasi kamar mandi.UNSPLASH/HEMANT KANOJIYA Ilustrasi kamar mandi.
Kamar mandi yang kotor juga menjadi hal yang diperhatikan tamu saat berkunjung ke rumah Anda.

Maka itu, jika hanya punya waktu membersihkan satu ruangan di rumah, gunakan untuk kamar mandi. Kamar mandi yang kotor tak hanya tidak higienis, tetapi juga memberi ketidaknyamanan. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com