Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata, Ini 6 Manfaat Rambut Manusia untuk Tanaman

Kompas.com - 30/11/2022, 07:48 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Helaian rambut yang rontok sering ditemukan di lantai di rumah. Biasanya, kita akan membuangnya ketika menyapu lantai.

Akan tetapi, tahukah Anda, ternyata rambut manusia memiliki manfaat untuk tanaman? Dikutip dari Balcony Garden Web, Rabu (30/11/2022), rambut manusia akan terurai ketika diletakkan di tanah tanaman dan akan membantu menjaga tanah lebih ringan.

Umur satu helai rambut adalah dua hingga tujuh tahun, sementara bulu mata memiliki umur 150 hari. Kita bisa kehilangan hingga 100 helai rambut setiap hari, dan seluruh kepala masih bisa mengganti semua helai rambut dalam 4 tahun.

Baca juga: 7 Manfaat Abu Bakaran Kayu untuk Tanaman dan Cara Menggunakannya

Ilustrasi rambut. Unsplash Ilustrasi rambut.

Berikut beberapa manfaat rambut manusia untuk tanaman. Anda bisa meletakkan kumpulan rambut yang rontok atau rambut yang dipotong ke tanah tanaman Anda.

1. Sebagai pupuk tanaman

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh Oregon State University, rambut manusia mengandung 51 persen karbon, 21 persen oksigen, 17 persen nitrogen, 6 persen hidrogen, dan 5 persen belerang.

Ini menjadikan limbah rambut manusia sebagai sumber pupuk organik yang baik. Campurkan segenggam atau lebih rambut dalam media tanam pada saat penanaman.

Rambut akan membantu tanaman dengan pertumbuhan yang lebih baik. Anda juga bisa menggiling rambut menjadi potongan-potongan kecil dan mencampurkannya ke dalam media tanam dengan perbandingan 3 : 1 pada saat penanaman.

Baca juga: Catat, Ini Manfaat Menyiram Tanaman Pakai Air Rebusan Pasta

2. Membuat buah tomat lebih manis dan berair

Rambut manusia mengandung beberapa nutrisi penting, termasuk keratin dan nitrogen, yang dapat sangat membantu tomat tumbuh lebih besar dan lebih segar.

Protein keratin yang berharga dapat membantu tanaman tomat menumbuhkan akar yang lebih kuat, yang meningkatkan penyerapan nutrisi penting, menjadikan tomat lebih besar, lebih segar, dan lebih manis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com