Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Kegunaan Aluminium Foil untuk Membersihkan Berbagai Benda di Rumah

Kompas.com - 04/11/2022, 19:43 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comAluminium foil lebih dikenal sebagai lapisan pembungkus yang mampu membantu menjaga ketahanan cokelat batangan agar tidak mudah lembek.

Sementara bagi penggiat tanaman, aluminium foil digunakan untuk mengusir siput dan serangga. Caranya, cukup meletakkan lembaran aluminium foil di sekitar pangkal tanaman dan ditindih dengan tanah atau bebatuan kecil agar tidak terempas angin.

Baca juga: 5 Manfaat Aluminium Foil untuk Tanaman, Bantu Usir Burung dan Hama

Rupanya, dilansir dari All Recipes, Jumat (4/11/2022), aluminium foil dapat digunakan membersihkan berbagai benda di rumah seperti berikut ini. 

Menjaga oven tetap bersih

Ilustrasi oven.UNSPLASH / Erik Mclean Ilustrasi oven.

Membersihkan oven bisa memakan waktu, terutama jika hampir semua permukaan dalam oven kotor akibat remah makanan.

Untuk membantu mengurangi kotoran dalam oven, aluminium foil bisa dijadikan sebagai pelapis rak bawah oven untuk menangkap tetesan dan tumpahan makanan yang tengah dimasak.

Kamu hanya perlu menggantinya dengan lembaran baru jika sudah kotor. Hanya saja, pastikan tidak menaruh aluminium foil secara langsung di lantai oven, yang merupakan elemen pemanas berada, karena dapat menimbulkan bahaya kebakaran

Baca juga: Trik Mudah Menyimpan Plastik dan Aluminium Foil di Dapur

Membersihkan noda makanan yang mengerak pada panggangan

Pendiri Arie’s Catering di Ohio, Amerika Serikat (AS), Arie Hazan, mengatakan aluminium foil bagus untuk menggosok tumpukan makanan yang mengerak pada panggangan.

Sebab, menggunakan sikat penggosok panggangan terkadang membuat bulu-bulunya rontok, menempel di panggangan, dan berakhir pada makanan yang dipanggang.

“Gulung aluminium foil menjadi bola, siram panggangan dengan air, dan mulailah menggosok,” jelas Hazan.

Baca juga: 6 Penggunaan Aluminium Foil yang Harus Dihindari

Menghilangkan karat dan noda dari keran krom

Ada reaksi kimia antara aluminium foil, air, dan krom sehingga bisa menggunakannya untuk menjaga keran wastafel berbahan krom tetap berkilau seperti baru.

Pertama, bersihkan area yang berkarat dengan sabun dan air, lalu lipat selembar aluminium foil menjadi kotak kecil dengan sekitar tiga hingga empat lapisan yang terlipat untuk mencegah terjadinya robekan. 

Setelah itu, celupkan aluminium foil ke dalam air biasa dan gosok area berkarat dengan lembut untuk menghindari kemungkinan lapisan yang melindungi krom tergores.

Selama menggosok, kamu akan melihat sedikit karat mulai mengelupas. Celupkan kembali aluminium foil ke dalam air dan ulangi langkah sebelumnya hingga keran krom benar-benar mengilau.

Baca juga: Bisakah Memasukkan Aluminium Foil ke Air Fryer?

Membersihkan peralatan perak

Peralatan perak, termasuk sendok dan garpu, bisa dibersihkan dengan aluminium foil. Caranya, melapisi wadah tahan panas dengan aluminium foil, lalu isi dengan air panas.

Pastikan takarannya cukup untuk merendam peralatan perak yang hendak dibersihkan, lalu masukkan dua sendok makan garam dan dua sendok makan baking soda.

Setelah itu, aduk hingga larut, letakkan peralatan perak, dan pastikan mereka bersentuhan langsung dengan aluminium foil.

Baca juga: 12 Manfaat Lain Aluminium Foil Selain untuk Membungkus Makanan

Dalam beberapa menit, reaksi kimia pertukaran ion akan terjadi dan membuat peralatan perak langsung bersih. 

Ulangi langkah sebelumnya sesuai kebutuhan atau perbesar ukuran wadah dan gandakan jumlah garam dan baking soda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com