Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Burung Lovebird Bisa Berbicara seperti Burung Beo?

Kompas.com - 25/10/2022, 17:41 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comLovebird adalah anggota terkecil dalam keluarga burung beo, burung yang dikenal mempu menirukan ucapan manusia.

Walhasil, tidak jarang ada orang-orang menganggap burung lovebird apa pun bisa bicara seperti burung beo

Akan tetapi, benarkah burung lovebird bisa berbicara dan dilatih berbicara layaknya burung beo?

Baca juga: 10 Fakta Lovebird, Berpasangan Seumur Hidup hingga Terancam Punah

Kemampuan lovebird untuk berbicara

Ilustrasi burung lovebirds.Shutterstock/apichon_tee Ilustrasi burung lovebirds.

Dilansir dari The Spruce Pets, Selasa (25/10/2022), ternyata burung lovebird memiliki kemampuan meniru ucapan manusia karena masih sejenis burung beo.

Hanya saja, bukan salah satu spesies yang dianggap sebagai burung yang bisa berbicara karena sangat jarang memutuskan untuk berbicara.

Ketika memilih meniru sebuah suara, burung lovebird lebih sering mengulangi suara sederhana seperti suara peluit. Bahkan, dapat meniru suara benda-benda di rumah seperti bel pintu dan microwave.

Tidak diketahui mengapa beberapa lovebird lebih cenderung meniru ucapan daripada yang lain. Akan tetapi, burung lovebird secara luas diyakini dapat belajar berbicara jika diajarkan sejak usia sangat muda.

Baca juga: Cara Melatih Burung Lovebird agar Gacor

Senang bersuara

Disadur dari Psittacology, burung yang berasal dari Afrika ini senang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mengobrol dan bersiul.

Suara-suara yang dihasilkan sangat mudah dikenali karena bernada tinggi. Meski berkemampuan meniru ucapan manusia dan suara lainnya, burung lovebird secara umum tidak terlalu bagus akan hal tersebut. 

Selain itu, burung lovebird akan berbicara jauh lebih lambat daripada beberapa spesies burung lainnya dan biasanya suara yang dihasilkan tidak begitu jelas.

Baca juga: Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Memelihara Lovebird

Faktor yang mempengaruhi kemampuan lovebird untuk belajar berbicara

lovebirdshutterstock lovebird

Sama dengan beberapa spesies burung yang bisa berbicara, lovebird bisa diajarkan untuk berbicara jika pemiliknya cukup berdedikasi dan penuh kesabaran.

Namun, sebelum mulai mempersiapkan melatih burung Lovebird, ada beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan mereka untuk belajar berbicara, yakni:

  • Usia

Burung lovebird muda jauh lebih mau untuk belajar sesuatu baru, termasuk belajar berbicara. Burung yang sudah tua bisa diajari, tetapi jauh lebih mudah jika memulainya lebih awal. 

Baca juga: Bukan Mistis, Ini Alasan Burung Berkicau pada Malam Hari

  • Asuhan dan kejinakkan

Lovebird yang dibesarkan manusia akan melihat pemiliknya sebagai anggota kawanannya. Biasanya, mereka akan lebih mudah menerima pelatihan dan meniru ucapan pemiliknya. 

Namun, sekali lagi, tidak ada alasan menyerah jika lovebird masih belum dijinakkan. Sebab, masih ada kemungkinan mereka mempelajari cara berbicara. Hanya saja, butuh lebih banyak waktu dan usaha.

Baca juga: 5 Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina

  • Pemiliknya

Sebagian besar kemampuan burung lovebird mempelajari sesuatu tidak hanya bergantung pada burung itu sendiri, tapi juga pemiliknya.

Melatih burung apa pun, termasuk lovebird, membutuhkan banyak usaha, kesabaran, dan pengulangan. Jika tidak mau menghabiskan banyak waktu, peluangmu untuk sukses akan sangat tipis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com