Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Tutup Kloset Duduk Harus Ditutup Saat Memencet Tombol Flush

Kompas.com - 15/10/2022, 20:44 WIB
Abdul Haris Maulana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kloset duduk merupakan jenis kloset yang banyak dipilih orang-orang untuk buang air kecil dan besar di kamar mandinya.

Jika kamu juga menggunakan kloset duduk untuk buang air kecil dan besar, pastikan untuk selalu menutup penutupnya saat akan memencet atau menekan tombol flush (siram).

Dilansir dari Today, Sabtu (15/10/2022), dijelaskan bahwa ada beberapa alasan yang membuat siapa pun harus selalu memastikan tutup kloset duduk tertutup saat menyiram (memencet tombol flush).

Baca juga: Ini Waktu Terbaik untuk Membersihkan Tangki Kloset Duduk

Ilustrasi kloset, ilustrasi kamar mandi, ilustrasi penyedot kloset.SHUTTERSTOCK / ID1974 Ilustrasi kloset, ilustrasi kamar mandi, ilustrasi penyedot kloset.
Ketika tombol flush dipencet, kloset duduk melepaskan sesuatu yang disebut "toilet plume" (penyebaran partikel mikroskopis sebagai akibat dari pembilasan kloset) ke udara.

Toilet plume pada dasarnya adalah percikan air yang diisi dengan bakteri mikroskopis, termasuk E. coli.

Menurut penelitian dari tahun 1975, kuman yang dipancarkan dalam percikan dapat bertahan di udara hingga enam jam dan menyebar ke seluruh ruang kamar mandi.

Kloset yang terkontaminasi telah terbukti menghasilkan bioaerosol droplet dan droplet nuclei yang besar selama pembilasan (menekan tombol flush).

Dan penelitian menunjukkan bahwa toilet plume dapat memainkan peran penting dalam penularan penyakit menular, yang mana patogen ditumpahkan dalam tinja atau muntahan.

Baca juga: 6 Hal yang Perlu Dihindari Saat Membeli Kloset Duduk Baru

Untungnya, teknologi kloset duduk saat ini meminimalkan jumlah toilet plume yang terlempar ke udara, tetapi masih ada sesuatu yang perlu diperhatikan.

“Tetesan yang lebih besar dan aerosol kemungkinan tidak bergerak terlalu jauh di atas atau di sekitar kloset, tetapi tetesan yang sangat kecil dapat tetap melayang di udara untuk beberapa waktu,” kata ahli mikrobiologi Dr. Janet Hill.

Ingat, air di mangkuk kloset mengandung bakteri dan mikroba lain dari kotoran, urine, bahkan muntah.

Selain itu, setiap gram kotoran manusia mengandung miliaran bakteri, virus, bahkan beberapa jamur.

Jadi, cara termudah untuk menghindari kotoran dari dalam kloset duduk melapisi kamar mandimu adalah dengan menutup tutup dudukannya.

Baca juga: Memasang Kloset Duduk, Sebaiknya Sendiri atau Pakai Jasa Profesional?

"Menutup tutup kloset akan mengurangi penyebaran kotoran di dalam mangkuk kloset (keluar)," jelas Hill.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com