Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Sama, Ini Perbedaan Kompor Listrik dan Kompor Induksi

Kompas.com - 21/09/2022, 07:13 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CNET

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan kompor listrik dan kompor induksi kini semakin populer. Alternatif kompor gas ini disebut lebih aman, lebih bersih, dan lebih hemat.

Jika Anda ingin membeli kompor baru, Anda dapat mempertimbangkan untuk memilih kompor induksi maupun kompor listrik. Keduanya adalah pilihan yang bagus untuk penggunaan di rumah.

Akan tetapi, penting untuk memahami perbedaan kompor listrik dan kompor induksi, serta mana yang paling cocok untuk makanan tertentu yang paling sering Anda masak.

Baca juga: Mau Membersihkan Kompor Tanam? Siapkan 6 Alat Ini

Ilustrasi panci besi, alat masak yang bisa pakai di kompor induksi.Dok. Shutterstock/ Proxima Studio Ilustrasi panci besi, alat masak yang bisa pakai di kompor induksi.

Dikutip dari Cnet, Rabu (21/9/2022), berikut perbedaan kompor listrik dan kompor induksi, beserta kelebihan dan kekurangannya.

Mekanisme induksi dan panas listrik

Kompor listrik dan kompor induksi menghasilkan hasil yang sama, namun keduanya memiliki perbedaan dalam hal menghasilkan panas untuk memasak.

Kompor listrik menggunakan sumber panas terpusat. Di bawah permukaan kompor, yang mungkin terbuat dari kaca atau keramik, terdapat gulungan logam yang dipanaskan dengan arus listrik.

Saat kumparan menjadi panas, maka akan mulai bersinar dan mentransfer panas ke permukaan melalui energi inframerah. Energi itu memanaskan seluruh permukaan kompor untuk menghasilkan panas yang merata saat Anda memasak.

Baca juga: Catat, Ini 5 Penyebab Gas Kompor Cepat Habis

Setelah Anda meletakkan panci atau wajan di permukaan, panas dipindahkan ke peralatan masak, dan kemudian ke makanan di dalamnya. Proses ini dikenal sebagai konduksi termal.

Kompor induksi juga kompor listrik, tetapi memanaskan makanan dengan cara yang sama sekali berbeda. Kompor induksi menggunakan kumparan tembaga, yang menciptakan arus magnet dengan panci atau wajan di atas permukaannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com