Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/09/2022, 19:14 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Setiap orang tentu ingin memiliki handuk yang bersih agar tetap merasa segar dan bersih setiap kali selesai mandi.

Namun, tidak jarang handuk bisa menjadi bau setelah beberapa kali digunakan, yang membuatnya tak nyaman digunakan. 

Baca juga: Jangan Mencuci Handuk dan Kain Lap Dapur Secara Bersamaan, Mengapa?

Carolyn Forte, Direktur Peralatan Rumah Tangga, Produk Pembersih, dan Tekstil di Good Housekeeping Institute, mengatakan handuk bisa berbau jika langsung disimpan dalam keadaan basah.

Dikutip dari Today, Minggu (18/9/2022), penyebab lain handuk berbau, bahkan kehilangan kelembutan dan daya serap, adalah penumpukan detergen atau pelembut pakaian. 

Dilansir dari Real Simple, handuk yang masih basah atau lembap juga rentan terhadap pertumbuhan bakteri penyebab bau apak atau bau asam jika tidak dijemur dengan benar.

Baca juga: Lakukan 5 Hal Ini agar Handuk Tidak Bau Apek

Cara mengatasi handuk yang bau

Ilustrasi handuk mikrofiber. SHUTTERSTOCK/KONDORUK Ilustrasi handuk mikrofiber.

Salah satu penulis The Clothing Doctor’s 99 Secrets of Cleaning and Clothing Care, Steve Boorstein membagikan beberapa cara  mencegah handuk berbau seperti berikut. 

Jika membersihkan handuk bau di mesin cuci yang kotor, ada kemungkinan sulit menghilangkan bau handuk sepenuhnya. Jadi, pastikan mesin cuci dalam keadaan bersih.

Boorstein mengungkapkan, manusia melepaskan sekitar satu miliar sel kulit mati setiap harinya. 

“Sebagian besar berakhir di pakaian, handuk, dan mesin cuci. Sebelum mencuci handuk, jalankan siklus pencucian kosong dengan 59 mililiter pemutih untuk mendisinfeksi bagian dalam mesin cuci,” ujarnya.

Menurutnya, menjalankan siklus pencucian kosong sebelum mencuci handuk dapat mendisinfeksi tabung tanpa merusak kain handuk.

Baca juga: Cara Menggunakan Handuk dengan Benar Menurut para Ahli

  • Bersihkan handuk secara mendalam

Ilustrasi handuk. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi handuk.

Untuk membersihkan handuk secara mendalam, Boorstein merekomendasikan mencuci tidak lebih dari tiga handuk dalam siklus pencucian dengan pengaturan terpanjang menggunakan air panas.

Gunakan detergen biasa dan tambahkan cuka atau minyak esensial. Pastikan segera mengeluarkan handuk dari tabung mesin cuci yang masih hangat usai siklus pencucian. 

Langkah ini mencegah bakteri mulai berkembang biak di handuk. Lalu, jemur hingga handuk benar-benar kering sebelum digunakan.

Baca juga: 5 Cara Mencegah Handuk Berbau

  • Selalu jemur handuk setelah digunakan

Tidak dapat dipungkiri bahwa beberapa orang terkadang lupa mengembalikan kembali handuk ke jemuran usai digunakan.

Walhasil, handuk lembap pun ditaruh di permukaan apa pun, entah itu kursi di pojok kamar tidur atau di atas tempat tidur.

Boorstein menyarankan segera menjemur handuk setelah digunakan. Jika tidak, penumpukan sisa bakteri akan memburuk jika handuk masih lembap di antara penggunaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com