Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Aneka Noda pada Pakaian Bayi

Kompas.com - 18/09/2022, 10:24 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Maids

JAKARTA, KOMPAS.com – Setiap orang tua tentunya ingin menjaga kebersihan dan kesehatan anak-anaknya, terlebih yang masih bayi.

Salah satu cara melakukannya adalah memastikan pakaian bayi dalam keadaan bersih dan wangi. Pasalnya, meski belum bisa bermain sepenuhnya, baju bayi bisa kotor dan terkena noda, dari ASI, susu, makanan, hingga tinja. 

Dikutip dari The Maids, Minggu (18/9/2022), berikut cara membersihkan aneka noda pada baju bayi. 

Baca juga: 4 Tips Memaksimalkan Ruang Penyimpanan di Kamar Tidur Bayi

Noda ASI

Ilustrasi pakaian bayi.UNSPLASH/JORDAN NIX Ilustrasi pakaian bayi.

Air susu ibu (ASI) adalah nutrisi terbaik untuk bayi, terlebih mereka yang belum bisa makan atau mpasi. ASI mengandung zat gizi yang sesuai kebutuhan bayi agar tumbuh sehat dan cerdas.

Namun, tak dapat dipungkiri, ASI kerap  mengotori pakaian bayi meski tidak permanen atau mengubah warna baju bayi. 

Perawatan terbaik untuk noda berbasis protein seperti ASI adalah menggunakan pembersih berbasis enzim. Enzim mencerna protein dalam noda guna membantu memecahnya.

Setelah merendam pakaian bayi, semprot pembersih berbasis enzim pada noda, gosok,  diamkan selama beberapa menit atau selama yang direkomendasikan produk, lalu cuci dengan air hangat.

Baca juga: Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Mencuci Baju Bayi yang Baru Lahir

Noda susu formula

Cara menghilangkan noda susu pada baju bayi bisa dimulai dengan merendam pakaian ke ember berisi air dingin dan 236 mililiter cuka putih. Rendam pakaian selama beberapa saat sebelum dimasukkan ke mesin cuci.

Cara lainnya, merendam baju bayi dalam air dingin setidaknya selama 15 menit. Bisa pula merendamnya lebih lama karena susu formula mengandung protein, suplemen, karbohidrat, dan bahan lainnya. 

Setelah merendamnya, buatlah pasta dari baking soda dan air. Oleskan pasta ke area yang bernoda, gosok dengan jari, serta cuci pakaian seperti biasa.

Baca juga: Panduan Mencuci Baju Bayi agar Bersih dan Bebas Kuman

Noda makanan

Ilustrasi pakaian bayi. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi pakaian bayi.

Bayi yang sudah boleh makan lebih mudah membuat pakaiannya kotor. Untuk membersihkannya, rendam baju bayi dalam air dingin semalaman.

Setelah itu, oleskan pasta baking soda dan air pada area yang bernoda, diamkan selama satu sampai dua menit, dan cuci pakaian seperti biasa. Ulangi jika noda masih ada.

Noda tinja

Noda tinja bisa dibersihkan dengan tisu bayi terlebih dulu sebelum mencucinya. Gunakan pasta baking soda untuk pembersihan awal sebelum pakaian dicuci seperti biasa, tetapi dengan air panas.

Baca juga: Catat, Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mencuci Pakaian Bayi

Noda minyak

Minyak bayi, petroleum jelly, dan krim dapat meninggalkan bekas berminyak pada pakaian bayi. Baju bayi yang terkena noda minyak makanan akan semakin sulit dibersihkan.

Namun, untuk membersihkannya, serap kotoran sebanyak mungkin sebelum menaburkan bedak bayi pada noda guna menyerap minyak.

Diamkan bedak bayi selama 10 menit, bersihkan, oleskan pasta baking soda, gosok, dan cuci baju bayi seperti biasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com