Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyiram Tanaman dengan Susu: Pro, Kontra, dan Caranya

Kompas.com - 05/09/2022, 07:48 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyiram tanaman dengan susu mungkin terdengar seperti ide yang sedikit aneh. Akan tetapi, ada banyak alasan mengapa susu bisa bermanfaat bagi tanaman.

Dikutip dari Gardening Etc, Senin (5/9/2022), susu mengandung protein, mineral dan bakteri yang baik untuk manusia, jadi bisa juga baik untuk tanaman.

Selain itu, susu mengandung zat yang dapat membantu mencegah dan mengobati penyakit jamur dan bakteri, yang memengaruhi tanaman.

Baca juga: Cara Mencegah Pembusukan Ujung Bunga dengan Susu Bubuk

Ilustrasi susuDok. Shutterstock/Alter-ego Ilustrasi susu

Susu jauh lebih tidak berisiko bagi pengguna daripada menggunakan fungisida atau pestisida kimia, dan menyiram tanaman sangat bermanfaat untuk sisa susu yang sedikit asam, yang mungkin dibuang.

Manfaat menyiram tanaman dengan susu

Ada banyak manfaat menyiram tanaman dengan susu. Pertama, diduga kalsium dan vitamin B yang dikandungnya berfungsi sebagai pupuk, meningkatkan pertumbuhan, kesehatan tanaman, dan hasil panen.

Susu memiliki sifat antijamur dan antibakteri, mencegah penyakit pada tanaman, dan juga berfungsi sebagai pestisida.

Untuk varietas tanaman yang umumnya rentan terhadap embun tepung, ahli berkebun Amatir Anne Swithinbank mengatakan, penyemprotan mingguan satu bagian susu skim ke 10 bagian air membantu mencegah penyakit.

Baca juga: Jangan Buang Susu Formula Kedaluwarsa, Ini Manfaatnya untuk Tanaman

Kalsium dalam susu juga membantu mengobati penyakit tanaman umum seperti busuk ujung bunga, kondisi yang disebabkan oleh kekurangan kalsium.

Waktu terbaik untuk menyirami tanaman dengan susu yang diencerkan dengan air, adalah ketika Anda melihat lingkaran hitam kecoklatan di salah satu ujung tomat, labu atau cabai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com