Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/09/2022, 13:38 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada berbagai jenis perilaku kucing yang aneh dan membuat pemiliknya geleng-geleng kepala, salah satunya menjilati tembok. 

Sebuah artikel dalam Excited Cats, Minggu (4/9/2022), telah ditinjau dan diperiksa dokter hewan Paolo Cuevas, menjelaskan ada beberapa alasan kucing suka menjilat tembok seperti berikut ini. 

Baca juga: 5 Tipe Hubungan Kucing Peliharaan dengan Pemiliknya

Stres

Ilustrasi kucing berada di kamar mandi. SHUTTERSTOCK/OKCAMERA Ilustrasi kucing berada di kamar mandi.

Perilaku kompulsif sering kali merupakan tanda stres dan kecemasan. Jika kucing menjilati tembok dan kamu tidak bisa menghentikannya, ini bisa terjadi karena mereka merasa stres. 

Biasanya, perilaku kompulsif adalah indikasi jelas bahwa kucing sedang dalam kondisi mental buruk. Untungnya, perilaku ini bisa dihilangkan melalui penanganan tepat.

Kamu perlu membuat analisis lengkap tentang makanan, kebiasaan, lingkungan hidup, struktur sosial, dan pengayaan lingkungan tempat kucing tinggal.

Baca juga: Tanda-tanda Kucing Peliharaan Stres Saat Pindah ke Rumah Baru

Langkah pertama adalah membawa kucing peliharaan ke dokter hewan untuk menyingkirkan potensi penyakit atau rasa sakit sebagai penyebab kucing suka menjilat tembok.

Informasikan makanan kucing ke dokter hewan karena perilaku bisa berasal dari kekurangan nutrisi. Setelah alasan medis atau nutrisi dihilangkan, evaluasi kemungkinan penyebab stres dan kecemasan di lingkungannya. 

Beberapa kucing mendapat manfaat dari penggunaan diffuser feromon atau semprotan penenang, sementara yang lainnya hanya membutuhkan tempat agar mereka merasa aman.

Baca juga: 5 Tingkah Laku yang Menandakan Kucing Peliharaan Merasa Bosan

Bosan

Ada banyak keuntungan tidur dengan kucing, salah satunya adalah meredakan kecemasan dan stres.SHUTTERSTOCK/LIASHENKO OLGA Ada banyak keuntungan tidur dengan kucing, salah satunya adalah meredakan kecemasan dan stres.

Kucing peliharaan yang tidak melakukan apa pun sepanjang hari bisa menyebabkan beberapa perilaku yang cukup aneh, termasuk menjilati tembok.

Biasanya, perilaku ini mudah dihentikan jika sahabat bulu hanya mencari sesuatu untuk dilakukan. Untuk mengatasinya, kamu harus selalu terlibat dalam waktu bermainnya.

Sebab, terkadang perilaku kucing menjilati tembok dimulai dari kebosanan biasa. Pastikan kucing memiliki akses ke pengayaan seperti jendela atau mainan interaktif agar membuatnya tetap sibuk.

Baca juga: Apakah Nutrisi Makanan Kucing Rumahan dan Luar Ruangan Berbeda? 

Nutrisi tidak seimbang

Jika kucing terlihat tertarik untuk makan dan menjilati benda selain makanan, ada kemungkinan mereka mengidap pica.

“Pica adalah kondisi medis yang ditandai dengan mengidam barang-barang selain makanan,” seperti tertera dalam artikel tersebut. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com