Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/09/2022, 09:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comApel menjadi salah satu buah yang umum dikonsumsi masyarakat Indonesia lantaran rasanya manis, menyegarkan, dan mudah didapat.

Apel cukup mudah ditanam dan bisa menanamnya dalam pot jika tidak memiliki lahan cukup besar. 

Baca juga: Cara Menanam Buah Apel dari Bijinya, Mau Coba?

Kendati demikian, sama dengan tanaman buah lainnya, apel rentan terhadap penyakit yang dapat mempengaruhi kualitas buahnya.

Disadur dari Cybext Kementerian Pertanian (Kementan), Minggu (4/9/2022), ada sejumlah penyakit yang menyerang tanaman apel yang perlu dihindari. Apa saja?

Embun tepung

Ilustrasi penyakit embun tepung atau powdery mildew pada tanaman. PIXABAY/WILLFRIED WENDE Ilustrasi penyakit embun tepung atau powdery mildew pada tanaman.

Embun tepung atau powdery mildew (Podosphaera leucoticha) adalah penyakit jamur yang muncul sebagai lapisan putih tepung pada daun tanaman.

Dikutip dari Kompas.com, umumnya penyakit ini tidak membunuh tanaman, tapi dapat melemahkannya sehingga pertumbuhan dan hasil buah memburuk. 

Gejala serangan embun tepung dapat dilihat pada buah apel yang masih muda yag berwarna kecoklatan serta buah apel tua yang berwarna coklat muda atau seperti sawo.

Baca juga: Gunakan Semprotan Susu untuk Mengontrol Embun Tepung pada Tanaman

Bercak daun

Bercak daun (Marssonina coronaria) adalah penyakit yang sering terjadi pada tanaman apel. Gejalanya terlihat pada daun berusia empat sampai enam minggu setelah perompesan, yaitu kegitan memotong ranting dan daun yang tidak produktif.

Pada daun tanaman apel berusia empat sampai enam minggu, gejala bercak daun adalah munculnya bercak putih tidak teratur, berwarna coklat, dan titik hitam pada permukaan atas daun. 

Biasanya, gejala ini muncul mulai dari daun tua, lalu daun muda. Pada akhirnya, daun tanaman apel akan berguguran.

Baca juga: Catat, Ini Cara Mengatasi Busuk Buah pada Tanaman Cabai

Busuk buah

Ilustrasi penyakit busuk akar atau root rot pada tanaman. SHUTTERSTOCK/KRITCHAI7752 Ilustrasi penyakit busuk akar atau root rot pada tanaman.

Busuk buah (Gloeosporium Sp.) adalah penyakit yang menyerang buah apel. Disadur dari Balitjestro Kementan, penyakit ini cepat menyebar sehingga tanaman berpotensi gagal panen.

Sering kali, busuk buah menyerang buah berusia di atas tiga bulan. Gejalanya, muncul bercak berwarna coklat muda dengan titik kehitaman.

Lambat laun, bercak menjadi coklat tua dan semakin lebar. Nantinya, daun memiliki warna oranye terang pada tepian area bercak.

Baca juga: Tips Teknik Bottom Watering untuk Mencegah Busuk Akar pada Tanaman

Busuk akar

Busuk akar merupakan penyakit yang tidak hanya terjadi pada tanaman hias, tapi juga tanaman apel. Busuk akar adalah penyakit yang disebabkan infeksi bakteri atau jamur seperti dikutip Kompas.com.

Patogen akan berkembang biak di tanah basah sehingga menyebabkan akar tanaman mati lemas. Gejalanya mencakup dedaunan yang layu dan berguguran serta kulit akar yang membusuk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com