Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Herbisida adalah Obat untuk Gulma, Begini Efeknya

Kompas.com - 30/07/2022, 11:48 WIB
Siti Nur Aeni ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Herbisida adalah bahan kimia yang digunakan untuk mengendalikan gulma. Penemuan herbisida menjadi sebuah terobosan dalam bidang pertanian.

Awalnya, herbisida hanya dibuat dari bahan-bahan kimia. Namun, saat ini sudah banyak pengembangan herbisida dari bahan-bahan alami.

Pada pembahasan kali ini, kita akan mengulas seputar herbisida lengkap dengan efek yang ditimbulkan. Simak penjelasan lengkapnya pada ulasan berikut ini.

Baca juga: Mengenal Herbisida Sistemik, Cara Aplikasi, dan Contohnya

Ilustrasi pengaplikasian herbisida. SHUTTERSTOCK/KRITCHAI7752 Ilustrasi pengaplikasian herbisida.

Apa itu herbisida?

Menilik pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, herbisida adalah bahan kimia untuk membunuh atau memusnahkan tumbuhan penggangu atau gulma.

Sementara itu, dalam buku Teknik Menanggulangi Pencemaran Tanah Pertanian di Kota dan Desa yang dikutip pada Sabtu (30/7/2022),disebutkan bahwa pengertian herbisida adalah bahan kimia yang digunakan untuk mengendalikan gulma yakni rumput dan semak liar.

Arti herbisida lainnya yaitu bahan kimia yang bisa menghambat dan mematikan gulma.

Dari penjelasan tersebut, bisa dipahami bahwa herbisida adalah obat gulma yang dapat mengendalikan populasi tumbuhan penggangu di area budidaya.

Baca juga: Mudah, Begini Cara Membuat Herbisida Nabati

Efek herbisida terhadap gulma

Herbisida banyak digunakan karena memiliki tingkat efektifitas yang tinggi untuk mengendalikan gulma. Herbisida bisa mempengaruhi pertumbuhan tanaman.

Pengaruh dari penggunaan bahan kimia ini biasa terlihat dari penyimpangan secara morfologi. Efeknya sangat bervariasi tergantung dari jenis gulma yang dikendalikan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com