Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/07/2022, 22:09 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Kitchn

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur menjadi salah satu ruangan yang sering digunakan di rumah sehingga penting memastikan keadaannya tetap nyaman. 

Beberapa orang beruntung bisa mendapatkan dapur berukuran besar dan nyaman, tetapi tak sedikit pemilik rumah yang memiliki dapur kecil

Baca juga: 6 Ide Dapur Minimalis yang Simpel dan Modern

Akan tetapi, tak selamanya dapur kecil memberikan kesan sempit dan terbatas. Sebab, dapur yang luas sekali pun bisa tampak terbatas ketika ruangan tidak tertata dengan baik. 

Dilansir dari The Kitchn, Jumat (22/7/2022), berikut beberapa penyebab dapur terasa kecil dan terbatas menurut desainer interior. 

Kitchen island terlalu besar

Ilustrasi dapur, Ilustrasi kitchen island.Shutterstock/Breadmaker Ilustrasi dapur, Ilustrasi kitchen island.
Anna Franklin, desainer interior dari Stone House Collective, mengatakan tidak semua kitchen island ideal untuk setiap ruang dan dapat memiliki banyak dampak negatif dalam hal fungsionalitas di dapur. 

Sebagai solusi, tambahkan meja kecil untuk memungkinkan aliran yang lebih baik sambil tetap memberi Anda bar sarapan dan ruang memasak yang didambakan. 

Baca juga: Jangan Diikuti, 6 Tren Dapur Ini Sudah Ketinggalan Zaman 

Menyimpan banyak peralatan kecil di tempat terbuka

Meletakkan banyak peralatan kecil di meja dapur bisa membuatnya terlihat lebih terbatas. Salah satu solusi cepat adalah menyimpan peralatan ini di tempat yang tidak terlihat.

Caron Woolsey, desainer interior dari CW Interiors, menyarankan membuat garasi atau tempat meletakkan peralatan untuk membantu merampingkan permukaan ruang kerja yang bersih dan terorganisir yang mengundang serta menenangkan. 

Baca juga: Cara Membasmi Tikus yang Berkeliaran di Dapur 

Pencahayaan yang buruk

Ilustrasi dapur, Ilustrasi lantai kayu di dapur.Unsplash/Im3rd Media Ilustrasi dapur, Ilustrasi lantai kayu di dapur.
Ada beberapa kesalahan umum yang dilakukan orang memilih pencahayaan ruangan. Lampu yang terlalu lembut dapat menjadi penyebab dapur terasa kecil. 

“Cahaya redup adalah penyebab terburuk. Pencahayaan adalah langkah pertama menciptakan ilusi lebih banyak ruang,” imbuh Killy Scheer dari Scheer & Co. Interior Design.

Sebagai solusi, ganti bola lampu yang lebih terang atau mengganti perlengkapan sepenuhnya. Selain itu, perlu berhati-hati dengan ukuran lampu.

“Lampu yang terlalu kecil dapat membuat dapur terasa lebih kecil,” ucap McCall Dulkys dari Interiors oleh McCall. 

Baca juga: Hindari, 5 Benda Dapur Ini Tak Boleh Dibersihkan dengan Baking Soda

Memilih lampu gantung berukuran besar di atas kitchen island bisa membuat dapur terasa lebih besar.

Franklin menyarankan memikirkan bagaimana Anda menggunakan ruangan. “Pertimbangkan bagaimana dapur ditata dan pilih pencahayaan tugas untuk menerangi permukaan kerja yang paling sering digunakan. 

Jangan lupa menghadirkan cahaya alami di dapur. Hillary Stamm dari HMS Interiors menyarankan menggunakan tirai tipis pada jendela dapur untuk membiarkan sinar matahari masuk atau cermin untuk memantulkan cahaya. 

Baca juga: 7 Kesalahan yang Menimbulkan Kerusakan di Dapur  

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com