Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/07/2022, 17:34 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing adalah salah satu hewan peliharaan populer di dunia. Memelihara kucing bukan hanya menyenangkan saat melihat perilakunya yang lucu dan menggemaskan, tetapi juga memberikan manfaat bagi mental Anda.

Dikutip dari Shape, Senin (19/7/2022), penelitian pun menunjukkan bahwa salah satu manfaat memelihara kucing adalah dapat mengurangi kecemasan Anda.

"Para peneliti telah menemukan bahwa menghabiskan waktu dengan kucing dapat mengurangi detak jantung pemiliknya serta tekanan darah sistolik dan diastolik,” kata Kristyn Vitale, Ph.D, pakar interaksi kucing-manusia dan profesor di Unity College di Maine.

Baca juga: Penanganan Pertama pada Kucing yang Mengalami Flu

Ilustrasi kucing di dalam rumah. PIXABAY/MILADA VIGEROVA Ilustrasi kucing di dalam rumah.

Menurut Vitale, kucing dapat membantu Anda merasa rileks. Kunci untuk melepaskan kekuatan terapeutik ini adalah menjadi proaktif dan terlibat dengan anabul.

"Ini bukan hanya tentang memiliki kucing di rumah," ujar Monique Udell, Ph.D, ahli perilaku hewan dan profesor di Oregon State University.

"Ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa mengelus kucing dapat mengurangi stres. Melakukan perilaku merawat dan melatih atau bermain dengan kucing Anda juga dapat membantu," imbuh Udell.

Anda akan mendapat manfaat secara emosional dari prosesnya, dan kemungkinan besar, kucing juga akan mendapat manfaat.

Baca juga: 4 Alasan Kucing Peliharaan Senang Tidur di Wastafel Kamar Mandi

"Banyak orang meremehkan pentingnya perilaku sosial bagi kucing. Tetapi penelitian kami menunjukkan bahwa kucing mencari interaksi dari manusia," tutur Vitale.

Faktanya, hubungan yang dibentuk kucing dengan kita mirip dengan hubungan antara bayi dan orang tua, jelas Udell, yang mana timnya telah mempelajari subjek tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com