Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perlukah Menjauhkan Mangkuk Makanan Kucing dari Mangkuk Air?

Kompas.com - 09/06/2022, 13:41 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Cuteness

JAKARTA, KOMPAS.com – Menaruh mangkuk makanan kucing peliharaan di dekat mangkuk minumannya terlihat seperti cara efektif.

Sebab, kucing dapat minum dengan mudah usai menyantap makanan tanpa perlu berjalan ke area lain. 

Baca juga: 3 Jenis Mangkuk Air yang Dapat Mendorong Kucing Minum Lebih Banyak

Namun, ada pula pemilik yang menjauhkan mangkuk makan kucing dari mangkuk minumnya untuk mencegah makanan kucing menjadi basah akibat terciprat air dari mangkuk minuman.

Alasan lainnya, mencegah makanan jatuh ke mangkuk air dan membuatnya kurang jernih.

Lantas, cara manakah yang tepat? Apakah perlu meletakkannya berjauhan atau justru berdekatan?

Disadur dari Cuteness, Kamis (9/6/2022), kucing memiliki naluri alamiah untuk berburu. Ini dapat dilihat dari perilakunya yang suka menguntit dan menerkam.

Baca juga: 5 Hal yang Membuat Kucing Sangat Pemilih dengan Mangkuk Air Minum

Ilustrasi kucing obesitas, ilustrasi kucing gemuk.SHUTTERSTOCK / OlegDoroshin Ilustrasi kucing obesitas, ilustrasi kucing gemuk.

Beberapa ahli mengatakan, kucing dapat merasa bingung karena sumber air sudah tersedia tepat di sebelah makanannya, padahal itu tidak selalu terjadi di alam liar.

Memang tidak ada jawaban pasti apakah mangkuk makanan harus dijauhkan atau dibiarkan dekat dengan mangkuk minuman.

Namun, beberapa ahli lainnya mengungkapkan bahwa kucinga secara alami dapat menyesuaikan diri dengan kemungkinan penumpukan bakteri dalam air minumnya. 

Baca juga: Ini Material Mangkuk Makanan untuk Kucing dan Cara Membersihkannya

Partikel apa pun yang mungkin berpindah dari mangkuk makanan ke mangkuk air dapat secara otomatis membuat kucing enggan meminum air tersebut.

Akan tetapi, peneliti lain mengklaim bahwa kucing tidak suka mencium bau makanan saat sedang minum air. 

Perlu dicatat bahwa situasi-situasi di atas bisa saja terjadi pada beberapa kucing, tetapi tidak semua akan menolak untuk minum air di dekat makanan.

Ilustrasi kucing makan makanan basah atau wet food. SHUTTERSTOCK/VEERA Ilustrasi kucing makan makanan basah atau wet food.

Beberapa sumber merekomendasikan menaruh mangkuk makanan kucing berdekatan dengan mangkuk air untuk mendorong sahabat bulu minum lebih banyak.

Baca juga: Alasan Kucing Minum Air di Mana Saja Selain Mangkuk Airnya

Kucing telah berevolusi untuk mendapatkan sebagian besar hidrasinya dari mangsa yang dikonsumsi seperti tikus yang sekitar 70 persen tubuhnya terdiri atas air.

Tak heran, kucing membutuhkan lebih sedikit air daripada anjing. Namun, kucing tetap membutuhkan air, khususnya bila memiliki penyakit yang berkaitan dengan saluran kemih seperti penyakit ginjal, gagal ginjal, atau infeksi saluran kemih. 

Baca juga: 4 Cara Mencegah Kucing Peliharaan Bermain di Taman

Kesimpulannya, mangkuk makanan kucing boleh tetap berada di dekat mangkuk air selama tidak melihat adanya masalah pada sahabat bulu.

Akan tetapi, jika kucing terlihat tidak meminum air dari mangkuknya atau selalu menemukan makanan kucing dalam mangkuk air, sebaiknya meletakkannya berjauhan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com