Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Material Mangkuk Makanan untuk Kucing dan Cara Membersihkannya

Kompas.com - 18/04/2022, 20:49 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski terlihat mudah, membeli mangkuk makanan dan air untuk kucing peliharaan harus diperhatikan.

Selain warna dan pola yang lucu, perhatikan juga bahan atau material mangkuk. Ada banyak bahan mangkuk makanan dan air untuk kucing peliharaan yang tersedia di pasaran.  Setiap material ini memiliki kelebihan dan kekurangan. 

Dilansir dari The Spruce Pets, Senin (18/4/2022), berikut beberapa material mangkuk makanan kucing yang bisa menjadi pilihan.  

Baca juga: Alasan Kucing Minum Air di Mana Saja Selain Mangkuk Airnya 

Mangkuk plastik

Ilustrasi kucing makan, memberi makan kucing.UNSPLASH/LAURA CHOUETTE Ilustrasi kucing makan, memberi makan kucing.
Meski umumnya kokoh, mangkuk plastik memiliki beberapa kelemahan. Pertama, banyak kucing yang alergi terhadap plastik dan mengalami permasalahan kulit seperti jerawat pada area dagunya. 

Kedua, plastik cenderung mudah sobek, tergores, serta celah-celah kecil itu menjadi tempat berkembang biaknya kuman. Untuk itu, sebaiknya menghindari mangkuk plastik jika memungkinkan. 

Baca juga: Lebih Aktif pada Malam Hari, Apakah Kucing Termasuk Hewan Nokturnal? 

Stainless steel 

Mangkuk makanan dan air kucing berbahan stainless steel aman untuk kucing peliharaan dan direkomendasikan oleh sebagian besar dokter hewan.

Selain itu, mangkuk ini juga tidak mudah pecah, kokoh, juga aman ketika dicuci dalam mesin pencuci piring. Pilihan bagus lainnya adalah berbahan keramik, asalkan menggunakan glasir bebas timah.  

Baca juga: Ini Aturan Mencuci Mangkuk Makanan Hewan Peliharaan

Menjaga mangkuk tetap bersih 

Ilustrasi kucing makanUnsplash/Felice Wölke Ilustrasi kucing makan
Kucing tidak suka makan atau minum dari mangkuk dan piring yang kotor. Bahkan makanan kering memiliki kelembapan dan lemak yang cukup untuk meninggalkan lapisan tipis di piring.

Cobalah membilas mangkuk makanan kering kucing peliharaan setiap hari. Mangkuk yang digunakan untuk makanan kaleng juga harus dicuci di mesin pencuci piring atau menggunakan tangan setiap hari.  

Baca juga: Mengapa Kucing Menyukai Tempat yang Tinggi? Ternyata Ini Alasannya

Gunakan alas mangkuk

Banyak makanan kucing yang memiliki desain unik saat ini dengan alas piring yang serasi. Alas mangkuk ini berfungsi menambatkan piringan serta dapat menahan makanan yang mungkin tumpah.

Anda bisa membuat tatakan sendiri dengan menggunakan bahan sekali pakai seperti kardus atau sisa karpet. Alas piring plastik untuk manusia juga bagus, murah, serta mudah dibersihkan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com