Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Mudah Memindahkan Barang atau Furnitur Berat Sendirian

Kompas.com - 14/05/2022, 12:42 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Memindahkan furnitur berat seperti sofa sendirian tentu akan sangat sulit. Bila salah langkah dalam mengangkat perabotan, akan membuat sakit punggung selama berhari-hari.

Namun, melansir dari Mymove, Sabtu (14/5/2022) ada lima langkah mudah memindahkan furnitur berat sendirian yang biasa digunakan oleh para profesional.

Berikut langkah-langkah tersebut yang bisa menjadi panduanmu bila ingin mengangkat dan memindahkan barang-barang berat di rumah.

 Baca juga: 4 Kesalahan yang Harus Dihindari saat Pindah Rumah

Membuat sebuah rencana

Langkah pertama yang perlu kamu ambil adalah membuat sebuah rencana memindahkan perabotan. Ukur ketinggian dan lebar perabotan yang ingin kamu pindahkan dan perhatikan detailnya.

Lalu buat rencana untuk memindahkannya dari ruangan tersebut ke ruangan baru atau truk pengangkut barang. Perhatikan ruangan-ruangan sempit yang akan kamu lewati dengan perabotan tersebut.

Jangan sampai ketika memindahkan perabotan kamu malah terjepit atau furnitur yang ingin kamu pindahkan tersangkut di ruangan yang sempit.

Baca juga: 6 Tips Beradaptasi di Lingkungan Baru saat Pindah Rumah

Melepas beberapa baut dan sekrup furnitur

Ilustrasi pindah rumah, membereskan barang saat pindah rumah.PEXELS/BLUE BIRD Ilustrasi pindah rumah, membereskan barang saat pindah rumah.

Furnitur yang berat seperti sofa, meja, atau ranjang biasanya bisa dibongkar karena dipasang dengan menggunakan sekrup.

Apabila furniturmu menggunakan sekrup, bongkar saja semuanya. Kemudian simpan sekrup dan pindahkan bagian-bagian furnitur satu per satu. Itu jauh lebih mudah daripada memindahkannya dalam bentuk yang sudah jadi.

Baca juga: 8 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Pindah Rumah agar Mudah Beradaptasi

Menggunakan alat untuk menggerakkan benda

Daripada mengangkatnya dan membuat punggung terasa sakit, kamu bisa menggunakan alat seperti troli atau truk tangan untuk memindahkan barang.

Alat-alat tersebut bisa membuat benda berat bergerak lebih mudah akan memungkinkanmu untuk menghindari cedera punggung karena tak mengeluarkan tenaga yang berlebihan.

Baca juga: 8 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Pindah Rumah agar Mudah Beradaptasi

Mengangkat furnitur berat dengan cara yang benar

Bila mengangkat adalah satu-satunya cara yang bisa kamu gunakan untuk memindahkan barang, sebaiknya kamu memperhatikan beberapa langkah yang benar di bawah ini:

  1. Angkat benda berat dengan bertumpu pada kaki, bukan punggung atau tangan. Lakukan dengan menekuk lutut agar tumpuannya berada di kaki.
  2. Pertahankan kaki terbuka selebar bahu.
  3. Jangan memutar tubuh ketika membawa barang berat, jalan lurus saja.
  4. Angkat barang berat di bawah pinggang.
  5. Untuk yang memiliki sakit punggung, sebaiknya memindahkan barang berat dengan alat bantu.

Baca juga: 6 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Pindah Rumah ke Kota Kecil

Memperhatikan tangga yang curam

Terakhir perhatikan tangga dan pintu rumah yang mungkin akan kamu lewati. Meski memindahkan barang sendirian, sebaiknya kamu memiliki teman untuk memindahkan barang bila melalui tangga yang tinggi.

Hal ini agar ada yang membantu menopang furnitur untuk menuruni atau menaiki anak tangga. Juga demi menghindari kerusakan pada furnitur atau punggungmu.

Meskipun kamu bisa memindahkan barang atau furnitur berat sendirian, sebaiknya kamu tak memindahkan barang berat seperti meja biliar dan piano sendiri. Sebab, bisa merusak furnitur dan membuatmu cedera bila salah langkah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com