Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Menyingkirkan Kucing Liar yang Kerap Muncul di Rumah

Kompas.com - 05/05/2022, 18:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing menjadi salah satu hewan yang banyak dipelihara. Namun, tak sedikit pula jumlah kucing yang tak berpemilik alias kucing liar yang berkeliaran di luaran, bahkan jumlahnya bisa mencapai hingga jutaan.

Dilansir dari PET MD, Kamis (5/5/2022), menurut American Society for the Prevention of Cruelty to Animals atau Masyarakat Amerika untuk Pencegahan Kekejaman terhadap Hewan (ASPCA), ada puluhan juta kucing liar dan buas di Amerika Serikat. 

Baca juga: Ketahui, Ini 5 Penyebab Bulu Kucing Mengalami Kusam

Di Inggris, jumlah kucing liar diperkirakan mencapai sembilan juta dan sekitar satu setengah juta adalah kucing buas. 

Di Indonesia sendiri, berdasarkan data Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta (DKPKP), jumlah kucing yang terdata di Jakarta sepanjang 2018 mencapai 29.504 ekor.

Jumlah itu merupakan gabungan antara kucing liar yang ditangkap saat penertiban, kucing yang divaksinasi (berpemilik), kucing yang disterilisasi (berpemilik), serta kucing liar yang disterilisasi di beberapa lokasi. 

Baca juga: Ketahui Makanan Manusia yang Beracun untuk Kucing

Ilustrasi kucing liar. PIXABAY/WALDEMAR ZIELINSKI Ilustrasi kucing liar.

Kehadiran kucing liar ini tidak hanya mengganggu dan meresahkan, tetapi juga mengotori lingkungan, yang akhirnya berdampak buruk pada kesehatan. 

Banyak dari kucing liar menghindari bertemu, berinteraksi, dan disentuh  orang. Namun, ada pula kucing liar yang terkadang mendambakan interaksi manusia seperti muncul dan mengeong di depan rumah Anda.  

Ada sejumlah alasan kucing liar datang ke rumah Anda sperti membutuhkan tempat berlindung, makanan, atau air. Alasan lain karena menemukan sampah atau makanan yang menariknya muncul ke rumah. 

Kemunculan kucing liar di rumah ini tentu saja sangat meresahkan serta mengganggu. Untungnya, ada sejumlah hal yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. 

Dikutip dari The Spruce, berikut cara menyingkirkan kucing liar yang muncul di rumah. 

Baca juga: Berapa Banyak Makanan Basah yang Harus Diberikan ke Kucing?

Hapus sumber makanan

Kucing liar akan tinggal di tempat yang banyak menyediakan makanan untuk kucing. Hindari memberi makan hewan peliharaan Anda di luar ruangan dan tutupi sisa-sisa sampah dengan aman untuk mencegah kucing liar memakannya dengan mudah.

Selain itu, jangan menambahkan sisa daging ke tumpukan kompos. Jaga agar panggangan dan lubang barbecue tetap bersih untuk menghindari bau yang menggoda kucing liar untuk muncul. 

Singkirkan tempat berlindung 

Ketika kucing liar menunjukkan perilaku bersahabat seperti mengikuti kira, tak perlu ragu untuk membelainya jika tampak terbuka. Tapi, tetap lakukan dengan lembut dan tanpa mengejutkannya.PIXABAY/MIKHAIL_STAVREV78 Ketika kucing liar menunjukkan perilaku bersahabat seperti mengikuti kira, tak perlu ragu untuk membelainya jika tampak terbuka. Tapi, tetap lakukan dengan lembut dan tanpa mengejutkannya.
Semua hewan liar membutuhkan tempat yang aman untuk tidur dan membesarkan anak-anaknya. 

Cara menyingkirkan kucing liar dari rumah adalah memasang lubang di gudang atau garasi tua, di bawah dek atau beranda, atau di tempat penampungan sederhana seperti tumpukan kayu atau jendela untuk menghindari menyediakan tempat berlindung untuk kucing liar. 

Baca juga: 5 Cara Efektif Menjaga Kesehatan Kucing agar Tidak Mudah Sakit 

Buat ketidaknyamanan

Kucing, terutama hewan peliharaan yang dirawat dengan baik, dikenal suka relaksasi dan membuat halaman berantakan sehingga orang enggan berkunjung.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com