Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Membersihkan Perhiasan Aluminium agar Awet dan Tak Pudar

Kompas.com - 30/04/2022, 12:13 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Penggunaan aluminium sebagai bahan perhiasan selain karena anti karat juga karena aluminium kuat dan mudah untuk dibersihkan.

Meskipun begitu, bila kamu sering memakai perhiasan yang terbuat dari aluminium, kamu juga harus rutin membersihkannya, terlebih bila perhiasan terkena noda minyak atau bahan kimia seperti klorin.

Melansir dari The Spruce, Sabtu (30/4/2022) ada empat cara mudah untuk membersihkan perhiasan aluminium dari noda membandel.

Baca juga: Cara Menyimpan Perhiasan agar Tidak Terkena Noda

Membersihkan dengan sabun dan air

Metode ini hanya cocok dengan perhiasan stainless steel yang tidak terdapat tambahan aksesori mutiara atau batu lembut.

Pertama, larutkan 2-3 tetes sabun pencuci piring ke dalam semangkuk air hangat, aduk hingga tercampur merata. Kemudian siapkan semangkuk air hangat lagi.

Selanjutnya celupkan perhiasan, misalnya cincin ke dalam larutan sabun air hangat. Biarkan selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu baru kamu ambil dan gosok perlahan menggunakan sikat gigi.

Apabila sudah bersih, celupkan perhiasan ke dalam air hangat biasa agar sabun dan kotorannya menghilang. Kemudian ambil kain lembut untuk mengeringkan perhiasan.

Baca juga: Tips Membersihkan Perhiasan Emas agar Kembali Berkilau

Membersihkan aksesoris dengan baking soda

Perbedaan baking soda dan baking powder mungkin sulit dikenali, terutama dari penampilannya.Unsplash/Howtogym Perbedaan baking soda dan baking powder mungkin sulit dikenali, terutama dari penampilannya.

Selanjutnya kamu bisa menggunakan baking soda untuk membersihkan perhiasan aluminium. Baking soda bisa membersihkan kotoran yang tersangkut pada perhiasan yang memiliki ukiran rumit.

Buat pasta dengan melarutkan satu sendok makan baking soda dan satu sendok teh air hangat. Ambil pasta baking soda dengan sikat gigi, lalu gosok perhiasan dengan lembut.

Selanjutnya bilas perhiasan menggunakan air hangat. Setelah bersih, keringkan perhiasan perlahan sampai terlihat bersinar.

Baca juga: 5 Tips Merawat Koleksi Jam Tangan dan Perhiasan

Menggunakan pasta gigi

Kamu juga bisa menggunakan pasta gigi sebagai pembersih perhiasan aluminium. Bila menggunakan pasta gigi, pilihlah yang non-gel dan tidak ada kandungan bahan pemutih gigi.

Pertama yang perlu kamu lakukan, basahi perhiasan dengan air. Kemudian oleskan pasta gigi secara menyeluruh ke permukaan perhiasan aluminium.

Selanjutnya gosok perhiasan menggunakan sikat gigi lembut dengan hati-hati. Bila kamu sudah yakin perhiasan bersih, lanjut bilas dengan menggunakan air hangat. Kemudian keringkan dengan kain mikrofiber.

Baca juga: Tips Membersihkan Perhiasan Emas dan Perak, Bisa Pakai Sabun Cuci Piring

Menggunakan pembersih perhiasan ultrasonik

Kamu juga bisa membersihkan perhiasan aluminium menggunakan alat pembersih ultrasonik. Alat ini berfungsi dengan baik untuk membersihkan perhiasan baja tanpa karat.

Hanya saja pembersih ultrasonik tidak bagus untuk perhiasan aluminium yang memiliki hiasan batu permata yang lembut. Sebaiknya kamu berhati-hati dan membaca buku panduannya sebelum menggunakan alat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com