Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Membeli Rumah? Cek Dulu Kondisi Lingkungannya, Ini Tipsnya

Kompas.com - 28/04/2022, 14:11 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada berbagai macam faktor di balik keputusan seseorang membeli atau pindah rumah, di antaranya anggota keluarga yang bertambah, jarak menuju kantor atau sekolah cukup jauh, hingga lingkungan yang sudah kurang layak dihuni. 

Untuk faktor lingkungan sendiri, ada beragam hal yang membuat seseorang mulai merasa kurang nyaman, salah satunya tingkat kebisingan yang meningkat, baik yang berasal dari jalanan maupun tetangga sekitar. 

Baca juga: Tak Perlu Pindah Rumah, Ini 8 Trik Membuat Rumah Kecil Terasa Besar

Akibatnya, beberapa orang memilih pindah rumah ke lingkungan yang baru dan lebih tenang.  Namun, sebelum memutuskan membeli rumah, pastikan melakukan riset terlebih dulu kondisi dan situasi lingkungan di wilayah tersebut. 

Pastikan lingkungan yang baru berbeda dari sebelumnya, yakni lebih tenang dan nyaman serta memiliki akses yang dekat ke fasilitas apa pun.

Dikutip dari Hunker, Kamis (28/4/2022), berikut tips meriset lingkungan baru sebelum membeli rumah. 

Baca juga: 4 Perkakas yang Dibutuhkan Saat Pindah Rumah

Cari informasi seputar kemudahan akses

Ilustrasi rumah, eksterior rumah.SHUTTERSTOCK/ARTAZUM Ilustrasi rumah, eksterior rumah.

Pertama, cari informasi seputar kemudahan akses menuju fasilitas apa pun, termasuk sekolah dan rumah sakit. Misalnya, apakah dapat dijangkau dengan jalan kaki, naik motor, atau harus menggunakan mobil.

Terkait dengan hal ini, kamu dapat melakukan survei langsung atau menggunakan Google Earth dan Google Street View untuk memastikannya. 

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Nilai Jual Rumah, Apa Saja?

Cari tahu apakah menuju lingkungan rumah yang baru atau tempat lain harus melewati jalur curam atau tidak, jalan raya yang ramai atau sepi, rel kereta, dan lain sebagainya.

Jangan lupa umemeriksa tingkat kemacetan di area sekitar menggunakan Google Maps. Lakukan hal ini selama beberapa kali pada waktu-waktu tertentu sebagai pertimbangan tambahan apakah kamu yakin akan betah tinggal di sana atau tidak.

Baca juga: 4 Ide Kegiatan untuk Dilakukan Setelah Pindah ke Rumah Baru

Pastikan calon tetangga tidak menyebalkan

Ilustrasi rumah.SHUTTERSTOCK / Artazum Ilustrasi rumah.

Rumah tidak akan terasa seperti tempat tinggal jika kamu hidup bersama dengan tetangga yang menyebalkan atau lingkungan yang tidak ramah.

Saat sedang melakukan survei lingkungan rumah yang baru, cobalah mengobrol dengan calon tetangga atau penjaga warung sekitar. Mintalah pendapat mereka tentang gambaran suasana dan situasi di lingkungan tersebut.

Dari situ, kamu dapat memperoleh gambaran dan pertimbangan apakah lingungan tersebut cocok atau tidak denganmu. 

Baca juga: 2 Cara Memilih Agen Properti yang Tepat, Simak Sebelum Membeli Rumah

Cari tahu tingkat keamanan lingkungan

Lingkungan perumahan yang aman dari tindak kriminal tentu menjadi incaran banyak orang. Untuk mencari tahu dan memastikan tingkat keamanan di lingkungan baru, cobalah berkunjung dan menanyakannya ke kantor polisi terdekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com