Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/04/2022, 16:46 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber My Domaine

JAKARTA, KOMPAS.com -  Lemari pakaian sering diandalkan sebagai ruang penyimpanan pakaian untuk menjaga ruangan atau rumah tetap dalam kondisi tertata. 

Namun, apa yang mengintai di dalam lemari pakaian terkadang sulit dihadapi. Seiring waktu, lemari pakaian bisa menjadi kacau—mengumpulkan barang-barang yang berantakan. 

Baca juga: 6 Jenis Pintu Lemari Pakaian yang Dapat Mempercantik Kamar Tidur

Dengan sedikit perawatan dan pemeliharaan, lemari pakaian bisa terhindari dari kekacauan. Menurut beberapa penyelenggara profesional, menjaga lemari pakaian tetap rapi tidak sulit. 

Untuk membantu mengaturnya, tiga penyelenggara profesional membagikan tips mengatur lemari pakaian agar tetap tertata seperti dilansir dari My Domaine, Rabu (6/4/2022). 

Baca juga: 3 Cara Mencegah Jamur Muncul di Lemari Pakaian

Tetapkan tujuan

Ilustrasi lemari pakaian dengan pintu kacaShutterstock/Archi_Viz Ilustrasi lemari pakaian dengan pintu kaca
Sebelum membersihkan lemari pakaian, coba mempertimbangkan mengapa Anda perlu mengaturnya. Apakah ingin mengurangi kekacauan, merawat pakaian dengan lebih baik, atau hanya dapat menutup lemari yang penuh?

“Saya selalu ingin mengetahui tujuan akhir klien seperti visibilitas yang lebih baik, hanya memiliki barang yang mereka pakai dan sukai,” kata Holly Blakey, penyelenggara profesional di Breathing Room—perusahaan pengorganisasian. 

Dengan memiliki tujuan yang jelas, ini bisa membuat Anda tetap termotivasi ketika keadaan menjadi sulit. 

Baca juga: 4 Tips Membuat Lemari Pakaian Tetap Rapi 

Putuskan pakaian yang disimpan, disumbangkan, atau didaur ulang

Buat keteraturan dari ketidakteraturan dengan menyortir barang-barang yang dimiliki ke dalam kategori berbeda.

“Periksa dan mulailah mengedit item. Putuskan apa yang akan disimpan, pindah ke ruangan lain, sumbangkan, daur ulang, atau buang," ucap Ashley Murphy, salah satu pendiri NEAT Method. 

Mulailah dengan pakaian yang harus disingkirkan seperti sobek atau terkena noda. Kemudian, pertimbangkan menyumbangkan barang atau pakaian yang tidak lagi muat, tidak lagi dikenakan, atau yang terlalu banyak.

“Satu kesalahan umum yang dilakukan orang adalah memiliki terlalu banyak pasang kaus kaki,” ujar Joanna Wirick, penyelenggara kehidupan dan rumah profesional di Joanna Organize. 

Baca juga: 4 Langkah Sederhana Mengatur dan Menjaga Lemari Pakaian Tetap Rapi 

Menggulung pakaian

Ilustrasi merapikan pakaian dan barang-barangShutterstock/Kostikova Natalia Ilustrasi merapikan pakaian dan barang-barang
Mungkin sudah menjadi kebiasaan umum untuk menumpuk pakaian yang terlipat di atas satu sama lain. Namun, para penyelenggara profesional lebih memilih metode berbeda, yakni menggulung pakaian

“Jika memiliki laci yang dalam, Anda dapat membuat semuanya terlipat dengan tegak. Jangan menumpuk item satu di atas yang lain. Ini membantu mencegah kusut dan memungkinkan melihat semua item sekaligus," imbuh Wrick. 

Baca juga: 5 Cara Menata Lemari Pakaian Bayi agar Tetap Rapi dan Terorganisir

Pastikan pakaian mudah dijangkau

Saat mengatur lemari pakaian, mulailah dengan memastikan barang-barang mudah dijangkau. Pindahkan barang-barang yang kurang penting ke area terpencil seperti sudut belakang laci atau laci bawah lemari.

“Anda harus memilih sistem paling masuk akal untuk gaya hidup Anda,” ucap Blakey.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com