Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kualitas Air Rumah Tangga di Indonesia Buruk, Ini Cara Memurnikannya

Kompas.com - 23/02/2022, 22:12 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebuah penemuan cukup mengejutkan dari United Nations International Children’s Emergency Fund (UNICEF) baru-baru ini mengungkapkan tentang kualitas air minum rumah tangga di Indonesia.

Data itu menunjukkan bahwa hampir 70 persen dari 20 ribu sumber air minum rumah tangga yang diuji di Indonesia tercemar limbah tinja.

Baca juga: Tips Mencuci Piring yang Efisien agar Hemat Waktu dan Air

Data hasil studi Kualitas Air Minum Rumah Tangga (Kementerian Kesehatan Republik Indonesia) 2020 ini menjelaskan, air minum yang terkontaminasi limbah tinja dapat menyebabkan penyakit diare dan penyebab utama kematian balita.

Di samping itu, menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang dihimpun Viessmann, kondisi air di 10 dari 24 provinsi di Indonesia sangat tercemar bakteri E. coli dan zat berbahaya lainnya, di antaranya coliform, klorin, dan logam berat seperti merkuri, besi, juga arsenik.

Baca juga: 5 Tips Memilih Keran Air Wastafel Dapur

Menggunakan alat pemurni air

Ilustrasi Air Bersih untuk rendaman apelDok. Pexels/ Pixabay Ilustrasi Air Bersih untuk rendaman apel

Product Owner Southeast Asia Solutions, Viessmann, Dario Damati, menerangkan, salah satu solusi menjaga kualitas air rumah terbebas dari kontaminan adalah menggunakan alat pemurni air.

“Zat-zat yang tidak terlihat di dalam air ini memiliki dampak negatif yang mungkin tidak disadari orang lain. Kami menawarkan solusi dengan produk kami yang didesain menggunakan teknologi Jerman,” ujar Damati dalam konferensi pers virtual Viessmann, Rabu (23/2/2022).

Baca juga: Cara Membersihkan Saluran Air yang Bau secara Alami

Damati melanjutkan, alat pemurni air ini dapat meningkatkan kualitas air. Adapun kualitas air yang baik dapat menjaga keawetan perabotan rumah tangga seperti mesin cuci.

Sebaliknya, air berkualitas buruk dapat merusak perabotan rumah tangga seperti menyebabkan karat.

Air keran yang telah dimurnikan dengan alat pemurni air ini dapat dikonsumsi langsung. “Bisa membuat air keran di rumah menjadi layak untuk diminum. Kita bisa menghemat banget untuk tidak perlu selalu membeli air galon atau air kemasan untuk minum,” tutur Damati.

Baca juga: Kenapa Kucing Suka Minum Air Keran? Ternyata Ini Penyebabnya

Survei tentang air keran layak minum

Ilustrasi air minum. Sumber air minum di Indonesia tercemar limbah. UNICEF galakkan kampanye #DihantuiTai.freepik.com/rawpixel.com Ilustrasi air minum. Sumber air minum di Indonesia tercemar limbah. UNICEF galakkan kampanye #DihantuiTai.

Damati mengungkapkan, pihaknya sempat mengadakan survei tentang air di Indonesia melalui sebuah mitra lokal pada awal 2022.

Adapun survei ini dilakukan untuk membuktikan kinerja salah satu produknya, yakni Vitopure seri S4 dan S4-RO—memungkinkan air keran untuk diminum layaknya air galon atau air kemasan.

Dalam data yang dipaparkan Damati, dua seri produk tersebut terbukti mampu membuat air keran memenuhi standar layak minum.

Baca juga: Tips Aman Mengganti Galon Air Minum di Dispenser Atas

“Air minum tidak boleh memiliki tingkat kekeruhan di atas 5,0 nephelometric turbidity unit (NTU). Sedangkan seri S4 dan S4-RO kami mampu menyaring hingga 0,56 NTU,” ungkap Damati.

Survei ini juga menunjukkan bahwa tingkat pH juga menjadi salah satu faktor yang perlu diperhatikan guna menjaga kualitas air.

Dua seri produk itu mampu menjaga air pada tingkat pH 7,29-2,58. Artinya, tingkat pH air berada dalam lingkup aman standar layak minum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com