Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/02/2022, 16:50 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comHumidifier atau pelembap udara dapat menjadi pilihan tepat untuk memberikan kelembapan pada area rumah yang memiliki udara kering. 

Kamu cukup susun perangkat elektronik sesuai petunjuk, taruh pada area tersebut, dan nyalakan hingga udara terasa lembap. Meski demikian, humidifer perlu dibersihkan secara berkala. Mengapa demikian? 

Berikut ini alasan humidifier perlu dibersihkan dan seberapa sering membersihkannya yang telah dirangkum Kompas.com dari berbagai sumber, Senin (7/2/2022).

Baca juga: Langkah Membersihkan Humidifier Pakai Cuka Putih

 

Fungsi humidifier untuk rumah

Ilustrasi humidifier, ilustrasi pelembap udara.SHUTTERSTOCK / Andrey_Popov Ilustrasi humidifier, ilustrasi pelembap udara.

Dikutip dari Allergy and Air, humidifier dapat memberi bantuan pada orang-orang yang menderita kulit kering atau pecah-pecah dan bibir pecah-pecah.

Selain itu, humidifier dapat meningkatkan kualitas udara di rumah sehingga memudahkan mereka yang mengalami kesulitan bernapas seperti pengidap asma.

Rebecca Park, suster terdatar yang berbasis di New York City dan Founder RemediesForMe.com, mengatakan, menambahkan kelembapan ke udara dapat mencegah dan mengobati penyakit. 

Park menuturkan, seperti dilansir dari How Stuff Works, udara lembap membuat lendir lebih mudah dikeluarkan. Sementara itu, udara kering meningkatkan produksi lendir dan membuatnya tetap kental.

“Mengeluarkan lendir membantumu mengeluarkan kuman dan bakteri dari tubuh sehingga dapat mempercepat proses pemulihan saat kamu sakit,” jelas Park.

Baca juga: Bolehkan Menggunakan Humidifier di Kamar Tidur Bayi? Ini Penjelasannya

Kenapa humidifier harus dibersihkan?

Ilustrasi humidifier, ilustrasi pelembap udara.SHUTTERSTOCK / New Africa Ilustrasi humidifier, ilustrasi pelembap udara.

Air yang digunakan untuk mengisi humidifier mengandung mineral dan bisa menyumbat alat elektronik ini dari waktu ke waktu sehingga mengganggu fungsinya. 

Humidifier yang menyemprotkan kabut dingin memiliki penyaring yang menangkap mineral-mineral ini, tapi tidak semua minerl ini bisa tertangkap. 

Ditambah lagi, banyak orang yang suka lupa mengganti penyaring secara berkala. Walhasil, mineral akan disemprotkan ke udara saat humidifier sedang bekerja.

Baca juga: Apakah Perlu Menggunakan Humidifier di Ruangan Ber-AC?

Hal tersebut tidak terlalu baik untuk paru-paru atau furnitur. Tidak hanya itu, mereka mendorong pertumbuhan bakteri di alat pelembap udara.

Meski humidifier tidak mempunyai fitur penyaring, kamu tetap bisa sakit apabila tidak rajin membersihkannya. Sebab, humidifier bukan alat yang dapat mensterilkan air dan tidak bisa mengeringkan diri. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com