Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Sering Harus Mencuci Penutup Sofa? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 23/11/2021, 09:56 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun tak terlihat kotor, namun sarung  atau penutup sofa merupakan salah satu benda yang sering digunakan di dalam ruangan. 

Melansir dari Martha Stewart, Selasa (23/11/2021), penggunaan teratur, dikombinasikan dengan tumpahan jus, kotoran dan rambut hewan peliharaan yang tertinggal, dan kekacauan umum, dapat membuat penutup sofa Anda terlihat sedikit lebih buruk untuk dipakai.

Jadi, seberapa sering Anda harus membersihkannya? Berikut penjelasannya. 

Baca juga: 5 Tips Membeli Sofa yang Awet dan Berkualitas

Ilustrasi sofaUnsplash/Sidekix Media Ilustrasi sofa

Perawatan rutin

Ternyata, Anda harus membersihkan penutup sofa lebih sering daripada saat ini, kata Edgar Blazona, pendiri BenchMade Modern.

"Saya merekomendasikan untuk membersihkan penutup atau sarung sofa Anda secara mendalam setiap enam bulan, seperti yang Anda lakukan pada karpet Anda," katanya.

Blazona menambahkan bahwa jika Anda memiliki layanan profesional datang dan melakukan karpet Anda, Anda harus meminta mereka membersihkan penutup sofa Anda juga. Di sela-sela pembersihan mendalam itu, dia menyarankan perawatan mingguan.

"Gunakan penyedot debu Anda untuk membersihkan bantal, lengan, dan di bawah bantal seminggu sekali untuk menghilangkan kotoran, debu, atau remah yang mungkin terkumpul," katanya.

Baca juga: Ciri-ciri Sofa Sudah Harus Diganti yang Baru

Pembersihan di rumah

Sebelum Anda mulai membersihkan penutup sofa Anda, Gwen Whiting, salah satu pendiri The Laundress, menyarankan untuk mengambil beberapa tindakan pencegahan yang sama seperti yang Anda lakukan saat mencuci pakaian halus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com