Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/11/2021, 13:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernahkah Anda memberi anjing tulang hanya untuk melihatnya pergi ke sofa atau di luar rumah untuk menguburnya? Banyak anjing suka mengubur tulang atau menyembunyikan barang-barang di tempat yang aman.

Pun seringkali anjing cenderung mengubur barang-barang miliknya, dan terkadang barang-barang yang bukan miliknya.

Dilansir dari The Spruce Pets, Sabtu (13/11/2021), berikut beberapa alasan kenapa anjing mengubur tulang atau mengubur mainannya dan cara menanganinya.

Baca juga: Jenis Ras Anjing yang Cocok untuk Dipelihara Berdasarkan Zodiak

1. Naluri

Perilaku anjing mengubur tulang kemungkinan berkembang karena naluri bertahan hidup yang kuat yang diwarisi dari leluhur anjing liar dan serigala.

Makanan tidak selalu mudah didapat dan untuk memanfaatkan makanan yang mereka miliki, anjing liar ini sering mengubur kelebihannya di tanah dekat sarang mereka.

Tanah bertindak sebagai lemari es alami dengan menjauhkan makanan dari sinar matahari langsung. Selain itu, suhu tanah menurun dengan kedalaman lubang, menjaga makanan lebih segar lebih lama, sehingga anjing dapat mengambilnya nanti ketika kesulitan memperoleh makanan.

Anjing dapat mengubur apa pun yang mereka anggap berharga, yang tidak hanya termasuk makanan atau tulang. Ini karena naluri alami mereka untuk menjaga barang-barang berharga tetap aman dan terlindungi.

Baca juga: 8 Ras Anjing Langka dan Unik di Dunia yang Bisa Dipelihara

2. Ras anjing tertentu suka menggali dan mengubur

Ada beberapa ras anjing yang lebih cenderung menggali dan mengubur daripada yang lain. Beberapa di antaranya adalah Terrier, Dachshund, Beagle, Basset Hounds, dan Miniature Schnauzer.

Rasa anjing Carin Terrier, misalnya, pada awalnya dibiakkan untuk mengejar dan berburu hewan buruan kecil, dan mereka telah mempertahankan keterampilan menggali yang sangat baik dan naluri mereka untuk mencari.

Karena ras anjing ini dibiakkan secara khusus untuk menggali, mereka mungkin juga memiliki keinginan yang tinggi untuk menghemat sumber daya mereka, dan karena itu lebih cenderung mengubur tulang.

Ini adalah perilaku normal bagi mereka. Ingat, terlepas dari jenis anjing, semua anjing memiliki potensi untuk menggali.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com