Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanaman Merambat dengan Perawatan Rendah untuk Mempercantik Ruangan

Kompas.com - 30/10/2021, 20:40 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Ketika memilh tanaman yang tepat untuk rumah, Anda tidak akan pernah salah pilih dengan tanaman merambat.

Tanaman ini memiliki bentuk, ukuran, dan warna yang beragam. Mulai dari pothos hingga tanaman merambat berbentuk mutiara dengan perawatan rumit.

Namun, untuk memelihara tanaman merambat di dalam ruangan tentu perawatan yang mudah jadi salah satu alasan banyak orang memilih tanaman tersebut.

Nah, jika Anda tertarik memelihara tanaman rambat dengan perawatan mudah berikut lima pilihannya dilansir dari The Spurce pada Sabtu (30/10/2021).

Baca juga: 6 Pilihan Tanaman Merambat yang Bisa Membuat Rumah Semakin Asri

Pothos (Epipremnum aureum)

Tanaman hias berperawatan rendah yang satu ini adalah favorit banyak orang. Tanaman Pothos tumbuh dengan cepat, membutuhkan perawatan yang sangat sedikit, dan tidak pilih-pilih tentang kondisi pertumbuhannya. Pangkas untuk membentuk dan mengontrol panjang dan bentuk daunnya.

Philodendron Daun Hati (Philodendron hederaceum)

Philodendron heartleaf (Philodendron hederaceum) adalah salah satu tanaman hias merambat yang paling umum dan perawatannya rendah.

Selain itu, pertumbuhannya cepat dan terlihat bagus di semua ruangan. Anda bisa meletakkannya di keranjang gantung atau diletakkan di rak buku di mana ia bisa menggantung.

Baca juga: 5 Jenis Tanaman Merambat untuk Mempercantik Pekarangan Rumah

Mini Monstera (Raphidophora tetrasperma)

Ilustrasi tanaman hias monstera adansonii di wadah berisi air. SHUTTERSTOCK/ANGIEYEOH Ilustrasi tanaman hias monstera adansonii di wadah berisi air.

Sementara tanaman kecil yang menakjubkan ini mungkin terlihat seperti berbagai Monstera pada umumnya, sebenarnya ini adalah Raphidora tetrasperma yang tidak termasuk dalam genus Monstera.

Namun, pola pertumbuhan dan perawatannya serupa, meskipun seperti yang Anda duga monster mini jauh lebih kecil daripada monstera deliciosa, tapi monstera mini memiliki kebiasaan tumbuh memanjat dan akan tumbuh ke atas seiring waktu, biasanya membutuhkan pasak atau teralis begitu mereka mencapai ketinggian beberapa kaki.

Baca juga: 5 Tanaman Merambat untuk Mempercantik Hunian

Scindapsus pictus 'Argyraeus'

Variasi lain dari Scindapsus yang cantik adalah Scindapsus pictus 'Argyraeus' - tanaman yang sedikit lebih kecil dari Scindapsus pictus 'Exotica' (satin pothos), tetapi umumnya tumbuh lebih cepat.

Hal ini juga ditandai dengan daun hijau beludru dengan bintik-bintik perak warna-warni, meskipun daun biasanya lebih hijau daripada perak.

Ini paling baik dalam cahaya tidak langsung sehingga tidak memerlukan pemangkasan atau pemeliharaan pohon yang berkelanjutan.

Baca juga: 6 Tanaman Merambat yang Bisa Mempercantik dan Bikin Rumah Lebih Sejuk

Monstera deliciosa

Monstera deliciosa adalah tanaman merambat dengan perawatan rendah yang fantastis untuk rumah mana pun.

Tanaman yang layak untuk Instagram ini memiliki kebiasaan pertumbuhan merambat ke atas dan paling baik dengan tiang lumut atau teralis saat dewasa sehingga akar udaranya memiliki sesuatu untuk dipegang. Monstera adalah tanaman yang cukup tolerir sehingga bagus untuk pemula.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com