Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/08/2021, 09:22 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki kucing yang baru melahirkan, harus dirawat dan diberikan tempat senyaman mungkin. Sebab, hingga usia anak kucing delapan minggu, mereka masih membutuhkan perawatan eksklusif dari induknya.

Melansir dari Animal Human Esociety, Selasa (31/8/2021), induk kucing memang melakukan sebagian besar perawatan awal kepada anak kucing yang baru dilahirkan.

Namun, Anda juga harus sering memeriksa anak kucing untuk memastikan induknya merawat mereka dan anak kucing tampak sehat.

Baca juga: 5 Tanaman Hias Indoor Ini Aman untuk Kucing, Apa Saja?

Salah satunya adalah memberikan mereka kotak bersarang yang nyaman, sehingga induknya bisa menyusui dengan nyaman dan anak kucing bisa bertumbuh dengan baik.

Lantas, kotak bersarang seperti apa yang dibutuhkan kucing yang baru melahirkan? Berikut penjelasannya.

Tempat bersih dan nyaman

Tempat yang bersih, hangat, dan kering harus disediakan untuk induk dan anak kucing, sebab kotak bersarang sangat penting untuk kesehatan dan kelangsungan hidup yang lebih baik. Untuk itu, kotak bersarang harus memenuhi beberapa hal berikut. 

  • Terletak di area yang tenang, terpencil, hangat, dan bebas angin,
  • Keadaan kotak cukup tinggi untuk mencegah anak-anak kucing berkeliaran tetapi cukup rendah sehingga ibu dapat datang dan pergi dengan mudah (tanpa perlu melompat keluar dari kotak). 

Baca juga: Tips Membuat Kucing Tak Kabur dan Jadi Lebih Betah di Rumah

  • Cukup besar bagi ibu untuk berbaring dengan nyaman, tetapi cukup kecil untuk bayi yang baru lahir dengan mudah menjangkaunya, dan
  • Kotak berbahan plastik (berukuran sekitar 60 x 50 cm dan tinggi 25 cm) berfungsi dengan baik sebagai tempat bersarang dan dapat dengan mudah dibersihkan dan didesinfeksi.

Hal yang harus diperhatikan lagi adalah area kotak harus bebas angin, karena sangat penting karena suhu tubuh anak kucing dapat dengan cepat turun ke tingkat yang berbahaya.

Untuk mencegahnya, Anda dapat melapisi kotak dengan selapis koran bersih untuk menyerap kelembapan atau bau apa pun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com