Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/08/2021, 07:30 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mandi merupakan salah satu hal menyenangkan, terlebih bila dilakukan seusai menjalankan hari yang berat. 

Namun, menciptakan kamar mandi yang sempurna bisa menjadi sebuah tantangan. Sebab, merancang kamar mandi berarti memulainya dari awal. 

Baca juga: 7 Kesalahan yang Perlu Dihindari Saat Membersihkan Kamar Mandi

Mulai dari, menata ruang, menentukan lokasi untuk perlengkapan pipa, hingga merenovasi fasilitas yang ada.

Apa pun desain yang dipilih dan hal yang diperbaiki, penting merancangnya senyaman mungkin agar bisa memberi ketenangan saat mandi sekaligus menjadi ruang relaksasi. 

Melansir dari Today's Homeowner, Minggu (22/8/2021), berikut ini tips menciptakan kamar mandi yang nyaman

Baca juga: Cara Membersihkan Exhaust Fan Kamar Mandi yang Berdebu 

Pilih wastafel

Kamar mandi umumnya memiliki dua jenis wastafel, yakni undermount yang ditempatkan di bawah meja dan self-rimming yang Anda masukkan ke dalam lubang berukuran kecil di meja.

Wastafel undermount menawarkan desain yang ramping dan mulus, tidak memiliki bibir yang dapat menangkap kotoran, serta menawarkan ruang meja yang lebih besar. 

Baca juga: Trik Menghilangkan Bau Setelah Selesai Buang Air di Kamar Mandi

Wastafel undermount cenderung lebih mahal daripada wastafel drop-in. Wastafel drop-in lebih mudah dipasang dan lebih terjangkau daripada wastafel undermount, tetapi juga memakan lebih banyak ruang meja.

Baik wastafel undermount maupun self-rimming memiliki pro dan kontra, jadi pertimbangkan faktor-faktor tersebut serta pilih opsi yang paling sesuai untuk rumah Anda.  

Baca juga: Kenapa Perlu Memasang Exhaust Fan di Kamar Mandi? Ini Penjelasannya 

Pilih bathtub yang tepat

Ada banyak jenis bak mandi (bathtub) yang bisa dipilih, dari bak built-in yang memanjang dari satu dinding ke dinding lainnya, bak berdiri bebas yang dapat miring ke belakang dan menawarkan suasana keanggunan dunia lama, dan bak mandi yang bermanfaat bagi orang dengan mobilitas terbatas serta dapat mengurangi risiko cedera.

Pilihlah bathtub yang memberi kenyamanan dan material terbaik, dari material kelas bawah hingga kelas atas, seperti plastik, logam, resin, fiberglass, bahkan batu. Pertimbangkan juga bak mandi yang memiliki shower.  

Baca juga: 5 Alasan Kucing Suka Tidur di Kamar Mandi 

Berikan pencahayaan 

Pencahayaan yang tepat memberikan visibilitas pada kamar mandi yang gelap, tetapi kamar mandi yang nyaman harus menampilkan lebih dari sekadar pencahayaan tugas.

Kamar mandi yang nyaman harus memiliki lampu yang menambah suasana dan membantu menciptakan suasana seperti spa. Secara tradisional, lampu kamar mandi dipasang pada langit-langit. 

Baca juga: Tips Mengatasi Jamur di Kamar Mandi

Untuk shower atau bak mandi tertutup, gunakan lampu downlight tahan uap, yang biasanya tidak akan berpengaruh oleh tingkat kelembapan tinggi.

Anda juga dapat menggunakan lampu aksen yang menyoroti fitur di seluruh kamar mandi, memberikan semua penerangan yang dibutuhkan sambil menambahkan suasana. 

Baca juga: Awas, 7 Hal yang Terjadi jika Kamar Mandi Tidak Pernah Dibersihkan 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com