Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Memilih Meja Makan yang Estetik dan Awet Menurut Ahli

Kompas.com - 15/08/2021, 17:00 WIB
Lolita Valda Claudia,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih meja makan tentu tak boleh asal-asalan karena ini merupakan salah satu furnitur yang penting dan hampir ada di setiap hunian.

Selain mempertimbangkan budget, kamu juga harus memilih meja makan yang kokoh, ukurannya pas, dan desain yang sesuai dengan gaya serta suasana rumah sehingga meja bisa  hingga bertahun-tahun lamanya dan tak lekang oleh waktu. 

Baca juga: 5 Ide Dekorasi Meja Makan di Hari Natal

Selain itu, ada sejumlah hal lainnya yang penting dipertimbangkan saat memilih meja makan.

Melansir dari New York Times, menurut ahli restorasi furnitur dan penulis The Furniture Bible, Christophe Pourny, berikut ini beberapa tips memilih meja makan yang tepat.

Baca juga: Simak, Panduan Memilih Meja Makan Menurut Feng Shui

Berhati-hati dalam mengikuti tren

Pertama, berhati-hatilah dalam mengikuti tren ketika memilih meja makan. Pourny mengatakan meja makan yang bagus harus bertahan setidaknya lima hingga 10 tahun.

"Jika Anda mendapatkan sesuatu yang terlalu funky, dengan terlalu banyak detail aneh, suatu hari Anda mungkin bangun dan bertanya-tanya apa yang dipikirkan. Pilihlah meja dengan desain sederhana, tapi kokoh," katanya. 

Baca juga: Hentikan Kebiasaan Kucing Melompat ke Meja Makan, Begini Caranya

Ukuran

Ilustrasi meja makan. UNSPLASH/ANGELINA Ilustrasi meja makan.

Meja makan harus sesuai dengan ruang makan karena ukuran yang salah dapat membuat ruangan terlihat sempit dan tidak nyaman.

Selain itu, ukuran yang sesuai juga akan membuatmu bebas bergerak saat makan meski dengan banyak orang.

Baca juga: 3 Kunci Menjaga Meja Makan di Rumah Selalu Teratur

Pertimbangkan kebutuhan sebelum menentukan desain

Umumnya, meja makan berbentuk persegi atau persegi panjang dengan ukuran yang bisa disesuaikan.

Namun, meja dengan bentuk ini kurang cocok untuk ruang makan yang sempit karena bagian sudutnya tidak memiliki banyak ruang untuk bergerak atau menghalangimu keluar-masuk meja makan.

Kamu bisa memilih meja yang berbentuk oval atau bulat untuk memberikan ruang gerak yang banyak.

Baca juga: Tips Menata Meja Makan untuk Makan Bersama Keluarga di Hari Lebaran

Perhatikan kaki meja

Biasanya, kaki meja, tumpuan, atau penyangganya dapat mempengaruhi berapa banyak orang yang dapat duduk di meja tersebut.

Sebab, kaki meja yang terlalu pendek atau kecil membuat kakimu akan bersentuhan dengan anggota keluarga lainnya saat makan.

Baca juga: Pertimbangkan Ini Sebelum Membeli Meja Makan

Hal ini tentu membuat tidak nyaman. Pastikan kaki meja bisa membuatmu leluasa duduk dan makan tanpa harus bergesekan kaki atau lutut.

Selain itu, tumpuan ini juga dapat membuatmu lebih fleksibel sehingga tumpuan atau kaki meja yang pas dapat memberikan lebih banyak ruang untuk orang lain agar bisa gabung dan makan bersama dalam satu meja. 

Baca juga: Ini Penyebab Kucing Mengambil Makanan di Meja Makan

Pilih bahan meja yang tepat 

Memilih bahan untuk meja makan adalah hal yang gampang-gampang susah. Kamu harus menyeimbangkan antara harga, perawatan, hingga desain yang sesuai dengan hunian.

Kamu bisa memilih menggunakan bahan kayu, veneer, batu, kaca, metal, hingga plastik. Pastikan bahan yang dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kokoh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com