Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aplikasi Sistem Smart Home yang Bisa Diterapkan di Rumah

Kompas.com - Diperbarui 07/05/2023, 13:01 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran sistem rumah pintar atau smart home dapat membuat kehidupan di rumah menjadi lebih mudah dan berjalan mulus.

Bahkan, menerapkan sistem smart home di rumah memungkinkan kita mengendalikan rumah di mana pun berada atau saat tidak berada di rumah. 

Baca juga: Simak, Cara Mencegah Kelembapan di Rumah Saat Musim Hujan

Bayangkan saja, Anda dapat mematikan AC setelah meninggalkan rumah. Menyalakan lampu kamar tidur menggunakan perintah suara dari dapur.

Ilustrasi smart home. SHUTTERSTOCK/PRODUCTION PERIG Ilustrasi smart home.

Tentu saja, semua hal ini memudahkan pekerjaan, ditambah meningkatkan keamanan rumah. Rupanya, selain yang telah disebutkan di atas, masih banyak sistem smart home yang bisa diterapkan di rumah.

Bagi Anda yang tertarik menerapkan sistem rumah pintar di huniaan, berikut lima aplikasi sistem smart home yang bisa dicoba, dilansir Home and Decor. 

Baca juga: Hati-hati, Ini Bahayanya jika Jarang Membersihkan Debu di Rumah 

1. Pencahayaan rumah pintar

Sistem pencahayaan ini dapat dikontrol dari aplikasi, yang berarti Anda dapat menyalakan atau mematikan lampu lewat ponsel pintar.

Bohlam pintar kemudian dapat menerima instruksi melalui jaringan nirkabel untuk menyesuaikan kecerahannya, mengubah warna, bahkan mengatur jadwal pencahayaan sehingga lampu menyala dan mati pada waktu tertentu pada siang hari. 

Baca juga: Tips Memilih Lampu Hias untuk Ruang Tamu

Bohlam pintar terbuat dari light emitting diode atau lampu LED. Lampu mengonsumsi lebih sedikit energi, tetapi juga bisa lebih mahal dibanding bola lampu biasa. 

Namun, bila ingin mengambil keputusan yang sadar lingkungan dan memiliki anggaran cukup, menerapkan pencahayaan rumah pintar menjadi pilihan tetap serta bernilai investasi. 

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com