Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/08/2021, 16:23 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi area yang sering digunakan, membuat dapur rentan menjadi kotor. Noda minyak, sisa makanan, serta kotoran lainnya dapat dengan mudah menempel di kompor, meja, serta lantai dapur

Karena itu, dapur harus rutin dibersihkan. Untuk membersihkannya, orang biasanya menggunakan lap dapur sehingga lap menjadi kotor, bau, bahkan manjadi sarang bakteri bila jarang dicuci. 

Baca juga: 5 Bumbu Dapur yang Dapat Mengusir Tikus dari Rumah

Melansir dari The Health Site, Minggu (8/8/2021), dalam sebuah penelitian, para ilmuwan menemukan bahwa lap dapur adalah benda yang paling banyak menyimpan bakteri di rumah. Bahkan, dalam beberapa kasus, lebih kotor dari kloset.

Studi ini menemukan bahwa 100 persen lap dapur sangat terkontaminasi dan ditemukan sebagai benda paling kotor di rumah serta dapat menampung bakteri berbahaya yang resisten terhadap berbagai obat.

Untuk itu, penting untuk mencuci lap dapur secara rutin minimal dua kali dalam seminggu. Nah, berikut ini beberapa cara mencuci lap dapur

Baca juga: 5 Rekomendasi Lantai Dapur Terbaik untuk Tampilan Segar dan Nyaman 

Lemon dan cuka

Tak hanya digunakan sebagai penyedap masakan, lemon dan cuka dapat digunakan sebagai bahan pembersih organik yang sangat efektif.

Lemon memiliki sifat astringen, pemutih, dan antibakteri, sedangkan cuka memiliki sifat penghilang bau dan antijamur yang menjadikannya bahan pembersih organik yang sangat baik. 

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Meja Dapur Granit

Untuk memanfaatkannya, ambil satu sendok makan garam dan tambahkan ke dalam campuran cuka dan lemon dengan perbandingan yang sama.

Aduk hingga semua bahan tercampur rata, lalu rendam lap dapur ke dalamnya selama beberapa jam. Saat kain terendam, gosok lap secara berkala untuk menghilangkan noda dan membiarkan campuran meresap ke dalam pori-pori kain.

Setelah beberapa jam, angkat kain dari larutan dan bilas dengan air bersih. Anda bisa menggunakan air hangat untuk menghilangkan sisa kotoran dan keringkan di bawah sinar matahari. 

Baca juga: 9 Tempat Persembunyian Jamur yang Bisa Mengintai Dapur 

Rebusan baking soda

Baking soda juga dapat membersihkan lap dapur yang kotor, bahkan khasiatnya tak kalah dari lemon dan cuka. Caranya, ambil sekitar dua hingga tiga sendok baking soda dan tambahkan ke dalam panci berisi air. 

Kemudian, masukkan lap dapur dan masak hingga mendidih selama beberapa menit. Air mendidih dapat membunuh bakteri serta mengeluarkan kotoran. Setalah itu, keluarkan lap dapur, bilas, dan jemur. 

Baca juga: Hindari, Ini 6 Kebiasaan Buruk yang Sering Dilakukan di Dapur 

Gunakan mesin cuci

Selanjutnya, cara mencuci lap dapur adalah menggunakan mesin cuci. Mulai mencuci kain dapur, tetapi jangan menambahkan detergen apa pun.

Sebagai gantinya, tambahkan satu cangkir cuka putih suling ke dalam cucian. Cuka akan membantu menghilangkan penumpukan detergen, kotoran tubuh, dan pelembut kain yang tersangkut di kain. Kemudian, selesaikan siklus pencucian. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com