Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/07/2021, 19:17 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Rover

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama dengan manusia, anjing juga bisa mengalami rasa tak mengenakan atau merasa tidak bahagia. Bedanya, anjing tidak dapat mengomunikasikan perasaan itu dengan mudah.

Suasana hati yang buruk yang dialami anjing dapat disebabkan sejumlah hal, dari stres hingga kehilangan orang yang dicintai. Bahkan bisa disebabkan sesuatu yang sederhana seperti kebosanan. 

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Anjing Menjilat Secara Berlebihan

Namun, untungnya, tanda-tanda ketidakbahagiaan itu ditunjukkan anjing lewat perilakunya sehingga sebagai pemiliknya, kita bisa mengamatinya dan membantu sahabat bulu.

Melansir dari laman Rover, Selasa (20/7/2021), berikut ini lima tanda yang dapat menunjukkan bahwa anjing tidak bahagia. 

Baca juga: 5 Tanda Anjing Bosan dan Perlu Jalan-jalan

Perubahan nafsu makan

Memiliki nafsu makan sedikit, bahkan sama sekali tertarik pada makanan, bisa menjadi tanda anjing tidak bahagia.

Namun, di sisi lain, ada beberapa anjing yang tidak bahagia justru memiliki nafsu makan yang meningkat karena makanan berfungsi sebagai kenyamanan bagi mereka.

Entah itu peningkatan atau penurunan nafsu makan, perubahan apa pun bisa menjadi petunjuk tentang keadaan emosional anjing peliharaan. 

Perubahan kebiasaan makan juga dapat menyebabkan perubahan berat badan. Jadi, jika melihat anjing kehilangan berat badan atau bertambah beberapa kilogram, itu bisa menjadi tanda bahwa anjing sedang down

Baca juga: 6 Fungsi Pagar Pembatas untuk Anjing

Tidur terlalu banyak atau sedikit

Menurut American Kennel Club, anjing tidur lebih sering daripada manusia, rata-rata 12 jam sehari. Namun, jika melihat anjing sering tidur, itu bisa menjadi tanda anjing tidak bahagia.

Begitu pun sebaliknya, anjing yang tidur terlalu sedikit juga menunjukkan indikasi bahwa sedang tidak bahagia. 

Baca juga: 5 Fakta Unik Anjing Corgi yang Jadi Kesayangan Ratu Elizabeth

Tidak tertarik dengan mainannya

Sama dengan manusia, hilangnya minat pada aktivitas normal bisa menjadi tanda bahwa anjing tidak merasa seperti dirinya yang biasa. 

Jika anjing menjadi tidak tertarik dengan mainannya akhir-akhir ini, kemungkinan anjing tengah mengalami masalah pada psikologisnya.

Sebetulnya, tidak ingin bermain dari waktu ke waktu adalah hal umum yang dialami anjing, tetapi jika ini terjadi untuk jangka waktu yang lama, mungkin perlu diperhatikan. 

Baca juga: Cara Memilih Rumah yang Tepat untuk Anjing Peliharaan

Bersembunyi atau meringkuk

Tanda anjing tidak bahagia selanjutnya adalah sering bersembunyi dan meringkuk. Anjing yang tidak bahagia mencoba mencari perlindungan dengan bersembunyi di sekitar rumah.

Demikian pula, anjing mencoba membuat diri mereka kecil dengan meringkuk. Ini juga bisa menjadi cara anjing mengatasi suasana hati yang buruk. 

Baca juga: Anjing Bisa Sedih dan Menangis, Ini Penjelasannya

Agresi

Agresi dapat menjadi indikasi bahwa anjing mengalami banyak masalah. Namun, tahukah Anda bahwa akar dari agresi yang dialami anjing bisa jadi karena depresi

Tanda ini bisa diamati dari perilaku hewan peliharaan. Bila anjing biasanya kalem dan bersahabat, tetapi mulai menggonggong, menerjang, membentak, atau perilaku agresi lainnya, hal itu bisa menjadi tanda anjing tidak bahagia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com