Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/06/2021, 09:23 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain menggemaskan, kucing memiliki perilaku yang terkadang menjadi hal yang aneh ketika dilihat oleh manusia. Perilaku ini sebenarnya merupakan bahasa tubuh yang memiliki arti tersendiri bagi mereka.

Terkadang, perilaku ini juga adalah cara mereka untuk berkomunikasi dengan manusia atau hewan lainnya.

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Kamis (3/6/2021), beberapa perilaku mulai dari mendengkur, menggosok perut, dll yang memiliki arti sebagai berikut.

Baca juga: 5 Ras Kucing Kerdil yang Menggemaskan

1. Mendengkur

Selain sebagai tanda kebahagiaan, kucing mendengkur pertanda mencari perhatian lebih ke pemiliknya. Namun, mendengkur juga dapat menunjukkan rasa takut, menurut Lisa Radosta, seorang ahli perilaku hewan di Florida Veterinary Behavior Service di West Palm Beach.

"Saya sering mendengar kucing mendengkur ketika saya memeriksanya, dan saya yakin itu bukan karena mereka menikmatinya," kata Radosta.

Bahasa tubuh mereka dapat memberi tahu Anda alasan sebenarnya, seperti ketika telinga yang ditekuk, ekor yang bergerak, bulu yang tampak mengembang, dan punggung yang melengkung menandakan mereka sedang ketakutan.

2. Menggosokkan pipi

Kucing memiliki kelenjar di pipinya dan delapan titik lainnya, termasuk dagu, dahi, dan ekornya yang melepaskan feromon.

Baca juga: 5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kucing

Menggosok pipi mereka pada sesuatu, mengartikan mereka mengklaim tempat itu dengan menandainya dengan aroma mereka.

3. Memeriksa kotak dan keranjang

"Kucing memiliki naluri untuk menyelidiki sesuatu," jelas Theresa DePorter, seorang ahli perilaku hewan dengan Layanan Rujukan Hewan Oakland di Bloomfield Hills, Michigan. 

Pun kucing menganggap ruang kecil dan terbatas sebagai tempat yang aman untuk bersantai dan tidur.

4. Menggosokkan kepala

Saat kucing menyenggol tangan Anda saat Anda hendak mengelusnya, itu tandanya kucing itu merasa nyaman bersama Anda. Lebih khusus lagi, ketika seekor kucing menyentuh hidungnya ke tangan yang terulur, itu berarti kucing itu menerima Anda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com