Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Hilangkan Sarang Lebah di Rumah Secara Aman

Kompas.com - Diperbarui 17/03/2023, 16:48 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Real Homes

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan serangga dalam kehidupan manusia tak selalu membawa dampak buruk. Beberapa serangga di bumi ini memiliki manfaat yang membantu kehidupan manusia.

Misalnya saja, lebah atau tawon bagi tanaman. Selain menghasilkan madu yang menyehatkan bagi manusia, keberadaan lebah di taman juga memain peran penting. Lebah berperan menyerbuki tanaman, baik daun maupun bunga, membantu meningkatkan kesuburan tanaman, dan mengendalikan hama. 

Baca juga: 6 Hama yang Sering Merusak Tanaman, Ulat hingga Kutu Daun

Namun, bagaimana bila di rumah ada sarang lebah? Keberadaan sarang lebah di dalam rumah tentu dapat menyebabkan masalah karena mereka dapat menyengat serta berbahaya bagi orang dengan alergi parah.

Ilustrasi lebah. PIXABAY/ERIK KARITS Ilustrasi lebah.

Beberapa ahli entomologi profesional, ahli hama, dan peternak lebah amatir membagikan cara menghilangkan sarang lebah dengan aman dan manusiawi. 

Baca juga: 9 Bahan Alami untuk Membasmi Hama di Rumah, Apa Saja?

Mengingat, lebah sangat membantu kehidupan manusia serta menghasilkan madu yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Simak cara menghilangkan sarang lebah di rumah, dilansir Real Homes. 

1. Tentukan lokasi lebah

Apabila menemukan segerombolan lebah di rumah, hal yang perlu dilakukan adalah tetap tenang dan menjaga jarak ketika sedang memeriksa situasi. Apakah ada sarang lebah atau hanya koloni yang tengah berkunjung? 

Baca juga: Mengenal Venus Flytrap, Tanaman Karnivora Pemakan Serangga

Jordan Foster, ahli hama, mengatakan lebah cenderung paling aktif pada siang hari dan akan pergi saat hari sudah gelap.

Jangan coba-coba memindahkan sarang jika ada lebah karena lebah akan mengerumuni untuk melindunginya dan semua orang di sekitarnya akan tersengat, saran Foster. 

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com