Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Benda di Dapur yang Wajib Dibersihkan Setelah Digunakan

Kompas.com - 02/04/2021, 09:59 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Area dapur menjadi tempat yang paling sering digunakan untuk menyiapkan berbagai hidangan makanan setiap harinya.

Namun, tahukah Anda jika ada benda yang paling kotor di dalam dapur?

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Jumat (2/4/2021), peralatan memasak di dapur, termasuk spons, kain lap piring, dan talenan, dapat menjadi tempat berkembang biak kuman dan bakteri jika Anda tidak menjaganya tetap bersih.

 

Baca juga: 6 Warna yang Dapat Mendatangkan Aura Positif di Dapur

Sebab, benda-benda tersebut sering kali bersentuhan dengan makanan, peralatan makan, atau tangan Anda. Terlebih lagi, jika perlengkapan tersebut menunggu dibersihkan terlalu lama, akan berpotensi menyebarkan kuman dan bakteri.

Lantas, peralatan memasak di dapur apa saja yang harus segera dibersihkan setelah digunakan?

1. Talenan

Talenan adalah salah satu alat dapur paling serbaguna, mulai dari memotong semua jenis bahan makanan hingga untuk persiapan makanan. Kebanyakan talenan memiliki umur yang panjang jika dirawat dengan baik.

Jika Anda menggunakan talenan plastik, cukup bersihkan menggunakan sabun pencuci piring. Jika Anda menggunakan talenan kayu atau bambu, bersihkan dengan air panas dan sabun.

Baca juga: 5 Sumber Bau di Area Dapur

Yang harus diperhatikan adalah Anda harus menggantinya jika talenan sudah menunjukkan tanda-tanda kerusakan seperti permukaannya yang sudah lapuk atau tidak stabil.

Celah pada talenan dapat menampung bakteri berbahaya, sehingga tidak mungkin dibersihkan sepenuhnya.

2. Spons

Karena spons bersentuhan dengan begitu banyak kotoran dan bakteri, spons akan cepat kotor. Bersihkan spons Anda setiap hari dengan memasukkannya ke dalam microwave atau ke mesin pencuci piring untuk membantu membunuh kuman.

Untuk mendisinfeksi spons, Anda juga bisa menggunakan tiga perempat cangkir pemutih dalam 1 galon air. Rendam spons dapur 5 menit dan bilas dengan air hangat.

Mencuci spons dapur Anda hanyalah perbaikan sementara, karena tidak ada spons yang akan atau bertahan selamanya. Untuk itu, direkomendasikan mengganti spons setiap bulan atau lebih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com