Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertimbangkan Ini Sebelum Membeli Meja Makan

Kompas.com - 02/03/2021, 11:15 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber LivSpace

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang makan yang didesain dengan baik bisa menjadi focal point rumah Anda.

Pada dasarnya, yang menjadi daya tarik di dalam ruang makan adalah meja makan. Meja makan sangat fungsional dan sangat cocok untuk dibuat dengan gaya serbaguna.

Dilansir dari Livspace, Selasa (2/3/2021), dari ukuran dan bentuk hingga jenis bahan, ada berbagai aspek yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih meja makan untuk rumah Anda.

Baca juga: 8 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Meja Makan

Ukuran

Saat Anda memilih furnitur untuk rumah Anda, ketersediaan ruang harus dipelajari. Periksa ukuran ruang makan atau dapur terbuka tempat meja makan akan diletakkan.

Ini akan memberi Anda gambaran tentang dimensi desain yang mungkin diperlukan saat Anda pergi berbelanja. Idealnya, jarak antara tepi meja makan dan dinding, atau perabot lainnya, harus sekitar tiga kaki.

Ini akan memberikan cukup ruang bagi Anda untuk memindahkan kursi dan cukup ruang saat berjalan mengelilingi meja.

Gaya ruang makan

Tergantung pada gaya rumah, pilih meja makan yang akan melengkapi ruang makan Anda. Apakah itu pengaturan tradisional, kontemporer, Skandinavia atau pedesaan, memilih meja makan harus mencerminkan lingkungannya.

Baca juga: 8 Pilihan Warna Apik untuk Dinding Ruang Makan

Ada sejumlah desain meja makan yang akan selaras dengan interior yang ada.

Bentuk meja makan

Ukuran ruang makan Anda mempengaruhi bentuk meja. Jika Anda memiliki ruangan kecil, meja makan 91 cm sampai 1 meter, bentuk persegi empat kursi atau meja makan bundar dengan diameter 91 cm sampai 1,2 meter akan menjaga ruang agar tidak terlihat sempit.

Selain itu, Anda juga bisa memilih desain meja makan berbentuk segitiga. Ini dapat menampung hingga 6 orang tergantung pada penempatan dan dimensinya.

Meja makan berbentuk persegi panjang, oval atau melingkar ideal untuk ruang yang lebih formal, yang terakhir lebih cocok untuk gaya klasik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com