Kompas.com - 02/03/2021, 08:30 WIB
Ilustrasi atap rumah. PIXABAY/DIDGEMANIlustrasi atap rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki peranan vital untuk melindungi dalaman rumah dari panas, hujan dan segala macam paparan lainnya, keberadaan sebuah atap rumah seringkali diabaikan oleh penghuninya.

Setiap penghuni rumah pasti sering mendekorasi rumah mereka dengan furnitur dan aksesori yang indah. Mereka juga pasti akan membersihkan segala macam noda dan membuat lantainya selalu berkilau dan cerah.

Tetapi, semua upaya dan pembersihan ini sia-sia jika atap rumah tidak bersih. Sebab, atap juga merupakan bagian integral dari rumah, sehingga membersihkannya juga penting.

Baca juga: Atap Rumah Bocor Saat Hujan, Apa yang Harus Dilakukan?

Jadi, saat kamu membersihkan rumah, tambahkan pembersihan atap ke daftar tugas yang juga harus dilakukan.

Beberapa orang memiliki kesalahpahaman bahwa atap bukanlah bagian dari rumah mereka. Jadi mereka tidak pernah repot-repot membersihkan atap dan tidak pernah memastikan kondisi atap.

Mengapa kamu perlu membersihkan atap?

Atap merupakan salah satu bagian rumah yang selalu terabaikan hingga benar-benar ada kebutuhan untuk memikirkannya. Misalnya, hanya ketika atap mulai bocor barulah beberapa pemilik rumah ingat bahwa mereka memiliki atap.

Namun, mereka tetap tinggal di dalam rumah, tanpa bertanya-tanya apa yang melindungi mereka dari hujan dan matahari.

Baca juga: 7 Trik Membersihkan Rumah yang Patut Dicoba, Apa Saja?

Kamu perlu membersihkan atap sesekali karena atap yang kotor dapat menyebabkan kerusakan pada atap. Atap kotor yang dipenuhi puing-puing, daun, lumut, jamur, dan alga dapat menyebabkan kerusakan potensial pada atap.

Mereka mungkin membusuk dan menyebabkan atapmu juga mulai membusuk. Hal ini dapat menyebabkan atap bocor dan kerusakan lainnya.

Mengingat pembersihan atap adalah hal yang sangat penting, kamu perlu melakukan hal ini. Jika kamu ingin membersihkan atap sendiri, ada banyak cara mudah dan efisien untuk melakukannya.

Dilansir dari beberapa sumber, Selasa (2/3/2021), berikut ini ada beragam tips untuk membantumu membersihkan atap rumahmu sendiri.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X