Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menentukan Desain dan Gaya yang Tepat untuk Hunian

Kompas.com - 14/02/2021, 14:46 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Gaya adalah cara kita untuk mengekspresikan diri kita, mengomunikasikan kepribadian kita dan melewati hari dengan perasaan percaya diri dan nyaman.

Bagi kebanyakan dari kita, itu adalah bagian penting dari ritual pagi kita saat kita hendak berpakaian. Tapi gaya yang tepat tidak hanya penting saat kita memilih pakaian kita, ini juga penting saat menata dan mendekorasi rumah kita.

Apa itu gaya desain dan mengapa kamu membutuhkannya?

Baca juga: 7 Kesalahan dalam Dekorasi Kamar Tidur Menurut Desainer Interior

Dilansir dari Real Estate, Minggu (14/2/2021), gaya desain adalah kumpulan warna, pola, dan tekstur khas yang dipengaruhi oleh suatu era atau tren.

Itu adalah kunci untuk menciptakan tampilan yang sempurna dan menjaga estetika keseluruhan rumah agar tetap harmonis dan konsisten.

Namun, bukan berarti kamu harus terbatas pada satu gaya saja. Jika kamu seorang dengan bakat mencampur dan mencocokkan, perpaduan tren satu dan lainnya akan menghasilkan sesuatu yang baru yang bisa mengekspresikan tentan bagaimana sebenarnya dirimu.

Untuk desain, kamu juga bisa memadukan dalam segi jaman, estetika dan pemilihnan bahan yang akan menerjemahkan dengan sempurna ke desain rumah yang kamu terapkan.

Baca juga: 7 Cara Menerapkan Desain Japandi di Rumah

Bagaimana menemukan gaya yang tepat untuk hunianmu?
Mencari referensi penting untuk dilakukan. Kamu bisa mengumpulkan gambar warna, tekstur, pola, tata letak, dan furnitur melalui online seperti Pinterest, atau offline, yang bisa kamu desain sendiri.

Dengan banyaknya referensi, itu akan menambahkan ide baru tentang bagaiamana mengatur rumah sesuai dengan warna dan gaya favoritmu.

Tips untuk kamu yang baru mencari gaya untuk hunian, sebaiknya pecah dan kumulkan desain dalam beberapa ruang, seperti dapur, ruang duduk, luar ruang, dan sebagainya.

Melihat-lihat majalah desain interior dan gaya adalah cara lain untuk menemukan desain yang sesuai dengan kepribadianmu. Temukan tren yang akan datang, atau temukan cara inovatif untuk menggunakan barang-barang yang sudah kamu miliki.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com