Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/01/2021, 16:38 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kompor merupakan peralatan di dapur yang sangat penting untuk proses kegiatan memasak, untuk menjadi sumber panas yang dapat mematangkan makanan.

Ketika memiliki segala macam peralatan rumah tangga, termasuk kompor, entah itu kompor gas, kompor listrik, atau kompor induksi, pasti kamu ingin semuanya bisa tahan lama untuk digunakan.

Namun, ada beberapa hal yang mungkin tidak kamu ketahui justru berakibat buruk pada kompor yang kamu miliki, sehingga malah membuatnya cepat rusak.

Baca juga: Kenapa Api Kompor Gas Berwarna Oranye? Ini Penyebabnya

Dilansir dari Reader's Digest, Sabtu (2/1/2021), setidaknya ada 10 kesalahan yang mengakibatkan usia pemakaian kompor menjadi pendek.

1. Kamu tidak membaca buku petunjuk

Ini mungkin tidak menyenangkan dan terasa malas, tetapi kamu harus membaca petunjuk manual kompor milikmu segera setelah memasangnya.

Membaca buku petunjuk manual bisa sangat membosankan, tapi sangat membantu dalam menjaga kompormu tetap baik dan tahan lama.

Buku panduan dapat berisi tips khusus untuk pembersihan dan perawatan yang benar. Oleh karena itu, simpan semua buku manual di satu tempat sehingga mudah ditemukan.

Baca juga: Simak, Trik Membersihkan Kompor Tanam

2. Bepergian saat memasak

Mungkin kamu tergoda untuk meninggalkan dapur saat kamu merebus air atau memanaskan sesuatu, tetapi limpahan kecil apapun dapat menyebabkan masalah besar.

Mengapa? Tumpahan, percikan, dan hal lainnya dapat membuat kotoran yang menyumbat. Jika kamu mengabaikannya, hal itu dapat menyebabkan kerusakan pada kompor, dan memperpendek masa pakainya.

Jika terjadi pendidihan atau tumpahan, pastikan untuk segera membersihkannya dengan serbet penyerap.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com